Sukses

Kenapa Perusahaan Cari Karyawan yang Punya Kecerdasan Emosional?

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan memang selalu dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, sehingga wajar saja jika hampir semua perusahaan menyaring ketat ketika merekrut karyawannya.

Namun untuk bekerja, pada dasarnya seseorang tidak hanya membutuhkan kecerdasan intelektual (IQ) saja, tapi kecerdasan emosional (EQ) juga akan dibutuhkan.

Kecerdasan emosional akan dibutuhkan oleh seseorang untuk membantu mengenal dan memahami dirinya sendiri dengan baik dan juga memahami orang-orang di sekitarnya secara lebih mendalam.

Kecerdasan emosional ini akan membantu kecerdasan intelektual dalam mengatasi dan mencari berbagai solusi dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Setiap orang tentu akan memiliki tingkat kecerdasan emosional dan juga intelektual yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Jadi, wajar saja jika semua perusahaan akan lebih mengutamakan untuk mempekerjakan karyawan dengan kecerdasan emosional yang tinggi.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut alasan perusahaan mencari karyawan yang memiliki tingkat kecerdasan emosional tinggi.

1. Memiliki Minat untuk Terus Berkembang dan Belajar

Karyawan yang punya kecerdasan emosional akan memiliki kemampuan baik dalam mengelola dan menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Hal ini membuat karyawan memiliki minat besar untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk menghadapi berbagai pekerjaan.

Karyawan seperti ini akan mudah belajar dan memiliki minat yang tinggi untuk selalu mempelajari berbagai hal yang baru, terutama yang berkaitan dengan pekerjaannya.

2 dari 4 halaman

2. Pribadi yang Punya Empati Tinggi

Ketika seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam mengenali dirinya sendiri secara mendalam, maka orang tersebut juga akan lebih mudah untuk memahami orang lain.

Hal seperti ini dimiliki oleh karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, mereka bisa memiliki empati kepada orang-orang lain di sekitarnya.

Kondisi ini akan memudahkan mereka untuk bekerja sama dan membangun lingkungan kerja yang nyaman serta produktif di dalam lingkungan kerja mereka.

3. Memahami Kelemahan dan Kelebihan Diri Sendiri

Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi juga bisa memahami dengan baik dirinya sendiri. Karyawan akan mengetahui apa saja kelemahan dan juga kelebihan yang terdapat di dalam dirinya.

Jadi bisa dengan mudah menggunakan berbagai kelebihan ini dalam menyelesaikan berbagai pekerjaannya, dan mengelola kelemahan mereka dengan sedemikian rupa. Hal ini akan berdampak positif pada pekerjaan dan tugas-tugas yang ditanganinya.

3 dari 4 halaman

4. Bisa Membuat Batasan

Meski memiliki kemampuan yang besar, tentu tidak semua pekerjaan bisa diselesaikan dalam waktu bersamaan. Pemahaman yang seperti ini penting, bahkan untuk karyawan yang memiliki kecerdasan luar biasa sekalipun.

Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi pada umumnya memiliki kemampuan yang baik dalam membuat batasan di dalam dirinya, seperti apa saja yang perlu dikerjakan, mana bagian yang wajib diselesaikan, apa pekerjaan yang bisa dicicil, dan yang lainnya.

Kemampuan seperti ini akan membuat mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dan mengambil keputusan dengan tepat.

5. Tidak Fokus pada Hal Negatif

Ada banyak hal negatif yang kerap terjadi di kantor, beberapa di antaranya bahkan bisa saja sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, misalnya menggosipkan orang lain, berbincang terlalu lama, dan lainnya.

Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional akan memiliki kemampuan untuk tetap fokus pada pekerjaan dan hal-hal yang positif di lingkungan sekitarnya. Sehingga berbagai pekerjaan bisa tetap selesai dengan baik.

4 dari 4 halaman

6. Mengelola Tingkat Stres dengan Baik

Berbagai tekanan yang dihadapi di dalam pekerjaan bisa saja menimbulkan stres, terutama jika tidak diatasi dengan baik. Kondisi seperti ini cukup banyak dialami oleh para karyawan.

Karyawan yang punya tingkat kecerdasan emosional tinggi akan memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola tingkat stres yang dialaminya.

Mereka bisa menghindari stres dengan cara-cara tepat dan tetap fokus pada pekerjaan serta tanggung jawab mereka pada perusahaan.

7. Fokus pada Pekerjaan dan Target

Tentu saja, karyawan yang cerdas dan memiliki kemampuan baik dalam bekerja, belum tentu bisa selalu menyelesaikan target mereka dengan baik dan tepat sasaran. Namun, berbeda bagi karyawan yang punya kecerdasan emosional yang tinggi.

Bagi mereka, fokus pada pekerjaan bukanlah sebuah masalah besar. Mereka bisa tetap fokus pada setiap tugas yang menjadi tanggung jawab mereka dan menyelesaikan berbagai pekerjaan tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Anda, Tipe Pekerja yang Seperti Apa?

Kecerdasan emosional sangat dibutuhkan dalam menangani berbagai pekerjaan, termasuk masalah-masalah yang muncul di dalamnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa hampir semua perusahaan menginginkan karyawan yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

Jika Anda ingin bekerja dan sukses dalam karier, pastikan memiliki kecerdasan emosional yang tinggi seperti ini. Lalu, tipe pekerja yang seperti apa Anda sekarang?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Karyawan Beracun dan Obatnya
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Fitur yang Bikin Orang Tergoda Punya Kartu Kredit