Sukses

Pemerintah Buka Lowongan 100 Ribu CPNS 2019 di Juni

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin melaporkan evaluasi pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan membuka lagi rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Juni 2019 dengan jumlah 100 ribu orang.

"Rekrutmen untuk 100 ribu orang, fokusnya tetap pada tenaga pendidikan dan kesehatan, lebih fokus ke sana," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin di Istana Kepresidenan Jakarta seperti mengutip Antara, Kamis (24/1/2019).

Dia menyebutkan dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi pada hari  ini, dirinya melaporkan evaluasi pelaksanaan rekrutmen CPNS 2018.

"Saya melaporkan evaluasinya, kan sudah selesai rekrutmen CPNS tinggal nunggu NIP-nya, tahun 2019 kita juga akan kembali melaksanakan rekrutmen tapi itu nanti bulan enam," tutur dia.

Perihal hasil rekrutmen 2018 yang belum cukup, mantan Wakapolri itu mengatakan tahun 2018 dan 2018 ada PNS yang memasuki masa pensiun. "Rekrutmen ini untuk menutup PNS yang pensiun dalam dua tahun itu," dia menambahkan.

Dia menyebutkan pada tahun 2018, jumlah PNS yang pensiun 50 ribu orang dan tahun 2019 sebanyak 52 ribu orang.

"Jadi harus kita kejar untuk menjaga keseimbangan dan supaya jangan rekrut tenaga honorer terlalu banyak. Honorer yang ada sekarang akan kita selesaikan dengan jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K," tutur dia.

Dia menyebutkan kebutuhan sebenarnya mencapai 150 ribu orang terutama untuk tenaga guru. "Catatan di Kemendikbud, kita masih kekurangan guru sekitar 91.000 orang," katanya.

Sementara itu mengenai pemberian penghasilan tetap untuk perangkat desa setara dengan PNS Golongan II a, Menpan RB mengatakan Presiden Jokowi minta hal itu segera ditindaklanjuti.

"Ini kami mau rapat di Kantor Menko PMK membahas itu, saya dan Menkeu segera ke sana," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

CPNS 2019 untuk Daerah yang Tunda Penerimaan pada 2018

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan tidak ada formasi baru dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 atau CPNS 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mudzakir mengatakan, sebenarnya penerimaan CNPS 2019 digelar karena ada daerah yang menunda rekrutmen CPNS 2018. Oleh sebab itu, daerah tersebut baru menerima CPNS pada 2019.

"Itu bukan rekrutmen baru ya, tapi untuk daerah yang tertunda," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Sementara untuk tahap seleksi CPNS 2019, lanjut dia, masih menggunakan Sistem Seleksi CPNS nasional (SSCN). Hingga saat ini persiapan untuk seleksi tersebut masih terus dilakukan.

"Tetap pakai (SSCN). Semua masih dimatangkan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini