Sukses

Kamu Anak Kos? Lakukan Ini agar Tetap Bertahan di Tanggal Tua

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang jadi anak kos itu enak, atau sebaliknya? Meski ada hal-hal yang menyebutkan bahwa hidup dengan ngekos menyenangkan karena ada banyak hal bisa kita tentukan dan putuskan sendiri, namun sebaliknya, ada hal-hal yang membuat label “nasib anak kos” yang terkesan memprihatian pun muncul.

Salah satunya adalah saat menghadapi akhir bulan atau biasa disebut “tanggal tua” yang cenderung dengan kondisi keuangan yang memprihatinkan.

Nah, agar kamu tetap bertahan saat di tanggal tua, lakukan hal berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menyediakan Makanan yang Serba Instan

Makanan serba instan memang kurang baik untuk kesehatan. Namun, cara ini paling mendukung saat menghadapi akhir bulan agar tetap bertahan.

Selain harganya murah, cara menyajikannya juga sangat mudah. Makanan seperti mi instan, telur, kentang, tahu, dan tempe harus selalu ada di dalam kulkas. Ketika merasa lapar, kamu dapat memasaknya.

Dalam waktu 10-15 menit saja, makananmu siap disajikan dan disantap. Agar selera makanmu bertambah, taburi bawang goreng atau cabai bubuk ke atas menu makanan.

2 dari 4 halaman

2. Makan Siang di Rumah Makan Padang

Di rumah makan Padang, kamu bisa mendapatkan paket makanan yang komplit dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya sepiring nasi, telur, dan sayur cuma dihargai sekitar Rp 10 ribu saja.

Jika menu makanan yang dipilih semakin sederhana, maka harga yang kamu bayarkan juga makin murah. Selain murah, porsi makan di rumah makan Padang juga banyak. Jika belum kenyang, biasanya dapat meminta sepiring nasi tambahan tanpa dikenakan biaya apapun.

3. Rajin Ikut Acara Gratis

Ada banyak acara yang digelar secara gratis. Dan biasanya peserta event akan diberikan makanan ringan bahkan makan siang lengkap dengan air mineral.

Walaupun tujuan awalmu mengikuti event ini untuk menyambung hidup, tapi usahakan agar kamu fokus mengikuti rangkaian acaranya dari awal sampai akhir. Sebab materi yang dijelaskan dalam seminar dapat menambah wawasan.

3 dari 4 halaman

4. Rajin-rajinlah Main ke Rumah Teman

Jika teman dekatmu tinggal di rumah orang tua, sesekali pergilah bermain ke rumahnya. Selain bermain dan bercerita, bisa menyambung silaturahmi dengan orang tuanya.

Syukur-syukur jika orang tuanya menawarkan makan siang atau makan malam. Sehingga kamu tidak perlu membeli makanan di luar atau memasak makanan sendiri di kos.

Tapi ingat, jaga sikap selama berada di rumah orang lain. Meskipun sudah dekat, kamu harus menjaga tata krama yang baik dan sopan apalagi jika semua keluarga temanmu sedang berkumpul.

5. Nebeng Transportasi ke Teman

Walaupun kamu punya kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk meminta tumpangan kepada teman. Beri tahu alasan kenapa kamu menumpang kepadanya agar temanmu dapat memaklumi.

Dengan cara ini, kamu dapat menghemat uang bensin atau ongkos transportasi dan menggunakan uang tersebut untuk membeli makanan sehari-hari. Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada teman yang sudah menolongmu melewati masa-masa krisis selama akhir bulan.

4 dari 4 halaman

6. Mengais Uang Receh

Uang receh yang selama ini kamu abaikan bisa dikumpulkan kembali untuk menyambung hidup saat akhir bulan tiba. Kais semua saku pakaian, termasuk kantong-kantong tersembunyi di dalam pakaian demi mendapatkan kepingan uang receh.

Tukarkan uang receh yang berhasil kamu kumpulkan ke warung atau supermarket terdekat. Bersyukurlah jika hasil penukaran uang receh mencapai puluhan bahkan ratusan ribu rupiah.

7. Minta Orang Tua Mengirimkan Makanan

Ketika kondisi keuangan benar-benar sekarat, kamu harus segera memberitahu orang tua agar mereka segera mengirimkan bala bantuan.

Tidak perlu meminta uang tambahan, cukup makanan mentah atau yang sudah digoreng serta snack sebagai teman untuk melewati pahitnya akhir bulan.

Selain untuk bertahan, makanan yang dikirimkan orang tua sekaligus untuk mengobati rasa rindu terhadap masakan ibu, terutama jika kamu jarang pulang ke rumah.

Segera Sisihkan Uang Makan setiap Awal Bulan

Sebelum awal bulan tiba, coba hitung berapa total uang makan yang biasa kamu habiskan selama satu bulan. Ketika awal bulan menerima uang, kamu bisa langsung menyisihkan sebagian dari uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan makan. Dengan demikian, hidupmu tidak akan sengsara lagi pada bulan-bulan berikutnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dana Pensiun Sulit Terkumpul, Mungkin Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Menikah Bisa Bikin Hemat, Ini Alasannya