Sukses

Ingin Bekerja dari Rumah, Perhatikan 3 Efek Sampingnya

Kerja di rumah tak selamanya nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di rumah adalah salah satu inovasi di dunia kerja. Bahkan, ada penelitian yang menyebut bekerja dari rumah mengurangi minta pegawai untuk resign.

Masalahnya, mulai muncul studi yang menunjukkan efek samping bekerja dari rumah. Ternyata bekerja dari rumah disebut bisa menambah stres.

Mantan pemimpin Yahoo, Marissa Meyer, melarang karyawan bekerja dari rumah. Ia pun menekankan pentingnya hadir di perkantoran dan bekerja bersama secara kelompok.

Dirangkum dari The Conversation, berikut 3 efek samping kerja dari rumah yang jarang diketahui orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Susah Tidur

Sebuah studi pada 15 negara menemukan 42 persen pekerja yang selalu kerja jarak jauh mengalami kesulitan tidur. Mereka bahkan sering terbangun di malam hari.

Orang yang hanya terkadang kerja remote mengalami kesulitan tidur dengan persentase lebih rendah, yakni 34 persen. Sementara, hanya 29 persen pekerja kantor mengalami hal serupa.

3 dari 4 halaman

2. Lebih Stres

Sebanyak 41 persen pekerja yang selalu kerja mobil merasakan stres lebih tinggi ketimbang yang kerja di kantor. Persentase bagi pekerja kantoran hanya 23 persen.

Penyebab stres karena efek perangkat mobile yang harus disiagakan di kasur. Kesulitan lainnya adalah saat menghubungi rekan kerja, dan melakukan conference call, yang berpotensi mengganggu penghuni rumah.

4 dari 4 halaman

3. Peluang Karier Berkurang

Bekerja di rumah mengurangi kesempatan bertemu orang-orang yang bisa saja membantu kariermu. Bila kamu jarang terlihat, otomatis kamu jarang diperhatikan bila ada proyek atau promosi.

Penelitian juga menyebut interaksi tatap muka adalah hal esensial dalam mengidentifikasi peluang untuk kolaborasi, inovasi, serta membangun relasi dan jaringan kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini