Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Jurus Sederhana Ini Bisa Bikin Keuangan Aman

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa dipungkiri jika setiap orang ingin mendapatkan rasa aman secara finansial, mulai dari sandang hingga papan untuk kehidupan yang mapan.

Namun, sayangnya tak semua orang paham jika rasa aman dalam hal finansial tak bisa hanya diwarisi saja, tetapi juga perlu dibangun.

Lantas caranya bagaimana? Mudah saja, cukup atur dan kelola keuangan dengan rinci dan terarah supaya finansial terkontrol dengan baik.

Nah, yang jadi masalah ialah bagaimana untuk memulai mengelola keuangan agar terhindar dari masalah finansial? Berikut beberapa cara sederhana yang bikin keuangan Anda aman, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menabung Cerdas

Sederhana memang, tetapi menabung merupakan cara efektif untuk menjaga kondisi keuangan Anda lebih seimbang dan stabil. Banyak bentuk-bentuk tabungan yang bisa dipilih, tetapi jangan menyimpan dalam rekening tabungan biasa.

Sebab rekening tabungan lebih mirip dompet yang bisa diambil sewaktu-waktu isinya sehingga secara tak sadar Anda akan membelanjakannya hingga habis tak bersisa.

Sebaiknya pilih menabung dalam bentuk deposito, investasi, atau disimpan dalam bentuk emas batangan. Dengan begitu keuangan bisa jadi lebih aman dan tangan pun tak "gatal” untuk membelanjakannya.

2 dari 3 halaman

2. Buat Daftar Kebutuhan

Pengeluaran masih suka melebihi anggaran bulanan? Ini saatnya untuk mulai membuat daftar tentang semua yang Anda butuhkan selama satu bulan. Pisahkan antara kebutuhan utama dan penunjang, hingga yang tidak perlu sekalipun, catat dan tulis secara detail.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih tahu kemana saja pengeluaran bocor yang tidak disadari selama ini sehingga lebih bisa mengontrolnya agar tidak kebablasan dan lebih bijak dalam membelanjakan uang.

3. Dahulukan yang Penting

Ketika membuat daftar kebutuhan jangan lupa untuk memilah-milah apa-apa saja yang penting dan mendesak yang harus didahulukan. Barulah kemudian pilah lagi mana yang sekiranya kurang begitu penting dan bisa ditunda.

Jika dipikir-pikir semuanya memang penting, tetapi Anda harus bisa belajar memilih apa yang harus diprioritakan secara bijak. Jangan hanya menuruti keinginan hati yang tak akan ada habisnya.

3 dari 3 halaman

4. Kontrol Arus Masuk dan Keluar

Dalam mengatur keuangan memang harus selalu cermat dalam mengontrol antara pengeluaran dan pendapatan yang masuk. Perhatikan agar jumlah pengeluaran bulanan tidak lebih besar dari pendapatan yang diperoleh.

Itulah mengapa membuat kalkulasi secara jelas antara berapa uang yang masuk dan berapa yang habis untuk dibelanjakan serta investasi sangat penting. Supaya kondisi finansial tetap seimbang dan aman, sebab di situlah kunci utamanya.

5. Teruslah Melakukan secara Konsisten

Terkadang membuat daftar belanja bulanan sangatlah mudah dan siapapun bisa membuatnya. Tetapi yang sulit dan tak semua orang bisa ialah melakukannya sesuai rencana dan konsisten karena pasti ada saja godaan yang mengganggu.

Di sinilah tanggung jawab Anda diuji dan kondisi finansial dipertaruhkan. Dan yang paling penting adalah adanya kesadaran bahwa tak ada yang bisa mengubah keadaan bila diri sendiri tak mau berubah kearah yang lebih baik.

Begitu pun soal keuangan. Jika ingin aman secara finansial, maka lakukan perubahan secara konsisten.

Cermat Mengelola Keuangan Kunci Keamanan Finansial

Aman secara finansial tak bisa diperoleh dengan hanya duduk meratapi keadaan, tetapi perlu dibangun dengan perjuangan. Diawali dengan membuat daftar penting, lalu menahan diri dari sifat konsumtif dan pandai berinvestasi serta cermat dalam mengelola keuangan.

Jika semuanya dilakukan secara konsisten, tak hanya aman secara finansial untuk hari ini saja, tetapi hingga hari tua nanti.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mudah, Yuk Tiru Cara Para Miliarder Atur Keuangan
Artikel Selanjutnya
3 Trik Mencapai Tujuan Keuangan