Sukses

Antisipasi Kerugian, Lakukan 5 Hal Ini di Awal Merintis Bisnis

Untuk menghindari kerugian, kamu bisa melakukan beberapa hal ini!

Liputan6.com, Jakarta - Membangun bisnis itu memang bukan hal yang gampang. Kamu pastinya akan menemui banyak sekali rintangan dalam perjalanan bisnis. Salah satunya, bisa saja kamu mengalami kerugian di awal.

Untung dan rugi adalah hal yang bisa didapat dalam hal bisnis. Nah, untuk menghindari kerugian, dilansir dari Swara Tunaiku, kamu bisa melakukan beberapa hal ini!

1. Pilih Partner yang Tepat dan Buat Perjanjian di Awal

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerugian pada bisnis adalah dengan memilih partner yang tepat dan buat perjanjian di awal. Ingat, bisnis bukan hal membuat planning yang hebat dan seberapa piawai kamu me-manage risiko yang akan dihadapi.

Namun, bisnis juga soal memilih partner yang tepat yang punya sense of belonging yang sama dengan bisnis yang sedang kamu bangun sekarang.

Namun ingat, kamu tetap harus berhati-hati. Bisnis tetaplah bisnis. Meski partner yang kamu pilih adalah teman atau saudara, namun kamu tetap harus buat perjanjian di awal yang mengingat agar bisa saling bekerja profesional.

Tujuan dari pembuatan perjanjian kerja sama yang profesional ini adalah untuk menghindari perselisihan ke depannya. Selain itu, kamu dan rekan juga bisa mengejar capaian yang lebih baik soal target dan bisnis jadi lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buat SOP Sespesifik Mungkin

Setelah kamu dan partner membuat perjanjian di awal, kamu bisa mulai untuk melakukan down to business. Nah, saat melakukannya, kamu bisa mulai melakukan pembagian tugas menurut keahlian masing-masing. Ada baiknya, catat semua tugas masing-masing dalam bentuk SOP.

SOP ini wajib kamu dan partner ikuti terus-menerus dan dengan partner yang saat ini bekerja sama dengan kamu, ataupun partner kamu di masa depan ketika kamu butuh yang baru.

Pelanggaran yang ada pada perjanjian kerja nantinya meskipun adalah hal yang kecil hingga yang besar, bisa diminimalkan dengan adanya ini nantinya.

3. Jangan Berhenti Belajar

Selain berbisnis, kamu juga harus tak boleh berhenti belajar. Ingat, berbisnis berarti kamu berani mengambil langkah untuk dihadapkan pada pilihan ke depannya.

Nah, ketika mengambil langkah ini, kamu tak bisa asal-asalan. Kamu harus dibekali oleh pengalaman dan pengetahuan yang baik lebih dulu. Oleh sebab itulah, kamu tak boleh berhenti belajar.

3 dari 3 halaman

4. Bergabung dengan Komunitas

Salah satu media yang bisa membantu kamu untuk terus belajar adalah dengan bergabung bersama komunitas. Saat ini, ada banyak komunitas bisnis baik itu yang konvensional maupun daring.

Orang yang tergabung dalam komunitas tersebut adalah orang yang memiliki latar berbeda-beda dan model bisnisnya juga berbeda pula.

Dengan kata lain, kamu bisa memiliki banyak opsi untuk melakukan sharing session terkait pengalaman bisnis. Kamu juga bisa menambah ilmu yang banyak tentang manajemen bisnis kamu ke depannya.

5. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah hal yang lumrah saat ini. Tak hanya bisa digunakan untuk media promosi saja, namun media sosial juga bisa digunakan untuk sarana pelajaran.

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapat ilmu tambahan ini. Salah satunya yang membahas tentang efektivitas keuangan dalam berbisnis.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari risiko kerugian yang bisa dialami setiap pebisnis. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini