Sukses

Presiden Jokowi Jajal Tol Trans Jawa Pakai Bus Didampingi Ibu Negara

Presiden Joko Widodo menyusuri jalan Tol Trans Jawa mulai dari Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung jalan Tol Trans Jawa pada Kamis (20/12/2018). Jokowi berangkat dari tempat penginapan, Hotel Vasa Surabaya, pukul 07.30 WIB.

Turut mendampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. 

Dari Surabaya, Jokowi dan rombongan menumpangi bus. Kendaraan ini berjalan melintasi jalan Tol Warugunung, berikutnya Tol Mojokerto sampai ke titik akhir Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah.

"Kita akan coba naik bus sepanjang kurang lebih 341 km dari Surabaya ke Kali Kuto di Kabupaten Kendal," kata Jokowi.

Dalam perjalanannya, mantan Wali Kota Solo ini juga berbincang dengan pengemudi bus. Jokowi bertanya mengenai kecepatan bus tersebut.

“90 km/jam Pak,” jawab pengemudi.

“Wah cepet banget,” kata Presiden.

 

 

*Seperti apa wujud fisik jalan tol Trans Jawa? Anda dapat menyaksikan di acara Jalan Bareng Yuk Ekspedisi Tol Trans Jawa pada 24 Desember 2018 Pukul 09.00-10.00 WIB di SCTV

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Trans Jawa Mulai Bisa Dilalui Besok Pagi

Presiden RI Joko Widodo pagi ini menyusuri jalan Tol Trans Jawa mulai dari Surabaya, Jawa Timur. Ekspedisi Tol Trans Jawa bersama Jokowi ini sekaligus meresmikan jalan tol tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan dirinya bersama pejabat terkait sudah menyusuri jalan tol ini sebanyak dua kali. Ini untuk memastikan jalan Tol Trans Jawa bisa dilalui saat libur Natal dan tahun baru.

"Ini saya yang ke tiga kalinya, bedanya hari ini sudah rapi semua jalannya. Dan dengan dilalui oleh Presiden hari ini, maka mulai besok pagi pukul 06.00 WIB masyarakat bisa melaluinya," ucap Rini di Surabaya, Kamis (20/12/2018).

Tidak hanya itu,  Rini juga menekankan untuk keterlibatan UMKM di wilayah masing-masing untuk bisa mengisi titik-titik rest area yang tersebar sepanjang tol Trans Jawa ini. Dengan demikian pemberdayaan ekonomi masyarakat tetap bisa dilakukan.

"Jadi tetap kita utamakan UMKM dengan produk masing-masing daerah. Seperti kalau di rest area Madiun ada roti kesukaan saya Bluder," ucap Rini.

Rini juga meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kehati-hatian jika ingin melalui jalan tol yang membentang dari Surabaya hingga ke Merak tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.