Sukses

Target Kunjungan 17 Juta Turis Asing Sulit Tercapai, Ini Sebabnya

Salah satu faktor yang menjadi pemicu tidak tercapainya target kunjungan turis asing yakni rentetan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-JK terus mendorong pencapaian target 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing pada 2018. Di samping itu, pada 2019 pemerintah pun memproyeksikan kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 20 juta orang.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani menilai, cukup berat bagi pemerintah untuk mencapai target-target sektor pariwisata. Sebab, sejumlah masih banyak pekerjaan rumah di sektor pariwisata yang belum diselesaikan.

"Pencapain di bidang pariwisata keliahtaannya pencapain target 17 juta turis tahun ini dan tahun depan 20 juta turis berat. Ini karena dari upaya kita, program selling kurang maksimal. Branding cukup baik tapi untuk selling tidak maksimal," katanya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Faktor lain yang menjadi pemicu tidak tercapainya target yakni dikarenakan rentetan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

"Ditambah kemarin bencana alam ini cukup respon wisman turun. Apalagi ada penarikan wisman China di Bali. Sekarang ini terjadi penurunan drastis turis asingdari China. Upaya pembangkitkan ini perlu dilakukan," katanya.

Oleh karenanya, untuk mencapai target tersebut Pemerintah Daerah diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki dengan melibatkan unit terkecil pemerintahan desa. Diantaranya dengan mengoptimalkan dana pusat dan daerah untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Apindo berharap langkah-langkah kecil seperti ini pada akhirnya dapat memberi dampak besar terhadap ekonomi Indonesia. Alokasi anggaran pemerintah juga perlu ditingkatkan untuk promosi penjualan produk pariwisata baik melalui media konvensional maupun elektronik dengan mengurangi anggaran pencitraan atau branding," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1,29 Juta Turis Asing Kunjungi Indonesia di Oktober 2018

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan turismancanegara atau wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Oktober 2018 mencapai 1,29 juta kunjungan. Jumlah ini naik 11,24 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,16 juta kunjungan.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, dari 1,29 juta kunjungan tersebut, turis asing yang datang dari wilayah Amerika memiliki presentasi kenaikan paling tinggi yaitu sebesar 20,56 persen dibanding 2017 lalu. Sedangan wilayah Eropa mengalami penurunan sebesar 1,20 persen.

Sementara menurut kebangsaan, kunjungan turisyang datang ke Indonesia paling banyak berasal dari Tiongkok sebanyak 183,5 ribu kunjungan (14,20 persen), Malaysia 175,2 ribu kunjungan (13,56 persen), Timur Leste 144,9 ribu kunjungan (11,21 persen), Singapura 136,3 ribu kunjungan (10,55 persen), serta Australia 116,9 ribu kunjungan (9,04 persen). 

"Kenaikan jumlah kunjungan wisman Oktober 2018 ini terjadi di tiga pintu, yaitu Bandara Sultan Syarif Kasim II, Riau sebesar 14,35 persen, Bandara Juanda, Jawa Timur Sebesar 4z07 persen dan Bandara Husein Sastranegara, Jawa Barat sebesar 3,92 persen," kata Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (3/12/2018).

Sementara itu, secara kumulatif, Januari hingga Oktober 2018, jumlah kunjungan turis ke Indonesia mencapai 13,24 juta kunjungan. Angka ini naik 11,92 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya berjumlah 11,83 persen.

"Jumlah kunjungan ini terdiri dari turisyang masuk melalui pintu masuk udara sebanyak 8,54 juta kunjungan, pintu masuk laut 2z58 juta kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 2z12 juta kunjungan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.