Sukses

10 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Jadi Sumber Keborosan

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit orang yang merasa bingung dengan kondisi finansialnya. Tiba-tiba saja uang sudah habis tanpa terlacak, padahal pengeluaran sudah diatur sedemikian rupa. Akhirnya, mereka pun kelimpungan menghadapi akhir bulan dan menganggap misteri kemana pengeluaran terbesar bersumber.

Apakah kamu juga mengalaminya? Bisa jadi itu disebabkan kebiasaan sepele yang ternyata jadi sumber keborosan. Sayangnya, hal sepele ini sangat berpengaruh dan sukses bikin kantong bolong.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari beberapa kebiasaan sepele yang bikin boros. Ini dia beberapa kebiasaan boros yang dilansir oleh Swara Tunaiku yang kerap tidak kita sadari:

1. Ongkos transportasi

Pengeluaran untuk transportasi cukup memakan biaya kalau kamu memiliki mobil. Dari segi bensin, biaya perawatan, dan lain sebagainya, bisa membuat kantong jebol.

Jadi kalau belum begitu butuh, lebih baik menunda pembelian kebutuhan tersier ini. Lalu kalau kamu sudah memilikinya, hal paling bijaksana adalah dengan menggunakan sewajarnya. Sebagai contoh, menggunakan sepeda motor atau angkutan umum kalau tujuanmu dekat.

2 dari 6 halaman

2. Menggunakan transportasi online

Transportasi masih menjadi poin yang bikin boros di nomor kedua. Transportasi di sini adalah transportasi online.

Mereka yang sering menggunakan ojek online dari kosan ke kantor mengaku cukup bikin boros. Tidak berlebihan kalau disebut gaji habis untuk ngojek. Sebaliknya, saat mereka membawa sepeda motor dari kosan bisa jauh lebih hemat.

3. Beli air minum kemasan

Tidak bisa dipungkiri kalau air putih merupakan kebutuhan pokok sehari-hari. Sayangnya, beberapa orang justru malas membawanya dari rumah dan lebih memilih untuk membeli air kemasan yang jatuhnya membuat kamu jadi boros. Biar hemat, ada baiknya kamu membawa air putih dari rumah.

3 dari 6 halaman

4. Pajak

Pajak yang dimaksud di sini adalah biaya parkir, pajak makan saat di restoran, charge penggunaan kartu kredit saat belanja di swalayan, dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, mulai sekarang harus selektif memilih restoran. Selain itu, kalau ingin belanja ke swalayan carilah yang murah dan tanpa tarif parkir. Gunakan juga kartu debit dalam transaksi pembayaran.

5. Ngemil dan sering jajan di perjalanan

Punya hobi ngemil jelas membuat pengeluaran jadi besar. Kebiasaan ini sering membuat kamu tergoda untuk jajan. Kalau sebentar-sebentar sudah jajan, ya jangan heran kalau uangnya cepat habis. Ngemil boleh kok, tapi dalam taraf yang wajar.

4 dari 6 halaman

6. Biaya jasa

Dalam aktivitas sehari-hari, kita sangat membutuhkan bidang jasa untuk memudahkan urusan. Contohnya adalah jasa laundry.

Coba sekarang hitung, berapa total uang yang habis untuk laundry dalam sebulan? Nah, sebaiknya mulai sekarang kamu belajar berhemat dengan memilah mana yang penting untuk jasa laundry dan yang tidak. Atau kamu justru menyisihkan uang untuk membeli mesin cuci.

7. Hiburan saat akhir pekan

Hiburan di akhir pekan memang diperlukan terutama buat kamu yang sudah penat bekerja. Kamu bisa traveling, karaoke, atau sekadar belanja dan makan bersama keluarga di restoran.

Ada baiknya kamu membuat pos khusus dalam jumlah tertentu. Namun, sebaiknya kamu menggunakan dana itu sewajar mungkin agar memiliki sisa dan bisa kamu tabungkan.

5 dari 6 halaman

8. Dana sosial

Pengeluaran yang satu ini perlu diperhatikan. Tantangannya adalah kamu harus mengalokasikan dengan tepat. Seperti contohnya memberikan anggaran untuk menjenguk teman yang sakit, atau membantu kerabat yang tengah membutuhkan pertolongan.

9. Kartu kredit bukan solusi

Apakah kamu termasuk golongan yang menggunakan kartu kredit ketika mulai kritis di pertengahan bulan? Tentu kamu sudah paham kalau bulan berikutnya kamu tetap harus membayar tagihannya. Apalagi kalau lewat tanggal jatuh tempo, alamat bisa terkena bunga kartu kredit!

Kalau sampai sekarang belum bisa bijak dalam mengatur keuangan, sebaiknya menghindari penggunaan kartu kredit.

6 dari 6 halaman

10. Kurang peduli mencatat keluar-masuknya uang

Untuk menghindari keborosan, mulailah mencatat uang masuk dan keluar setiap harinya. Dengan cara ini, kamu pun jadi tahu sebagian besar uangmu bermuara ke mana.

Dengan catatan ini, kamu bisa mengambil keputusan bagaimana mengatur keuangan di bulan selanjutnya.

Nah, itu dia 10 kebiasaan sepele yang ternyata bikin boros. Mulai sekarang yuk dihindari agar kamu tidak boros dan bingung kalau pertengahan bulan sudah tiba.

Artikel Selanjutnya
Tiru, 4 Cara Tepat Bikin Hari Makin Produktif
Artikel Selanjutnya
Intip Inspirasi Bisnis dari 5 Seleb Indonesia yang Bisa Anda Tiru