Sukses

Pria Ini Geser Donald Trump sebagai Politikus Terkaya di AS

Liputan6.com, Springfield - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak bisa lagi menikmati statusnya sebagai politikus terkaya di negaranya. Ini berubah karena hasil Pemilu Midterm AS 2018 pada Selasa lalu.

Dilaporkan oleh Forbes, miliarder Jay Robert Pritzker yang baru saja terpilih menjadi gubernur negara bagian Illinois adalah sosok yang menggeser Trump sebagai politikus terkaya. Kekayaan pria 53 tahun itu ditaksir Forbes mencapai USD 3,2 miliar atau Rp 46,8 triliun (USD 1 = Rp 14.649).

Pada Pemilu Midterm, Pritzer, berasal dari Partai Demokrat, berhasil mengalahkan petahana Partai Republik Bruce Rauner yang juga merupakan miliarder. Total uang yang mereka berdua keluarkan untuk memenangkan bangku gubernur mencapai USD 234,5 juta (Rp 3,4 triliun).

Rinciannya adalah sang petahana mengeluarkan USD 98,6 juta (Rp 1,4 triliun) dan Pritzer mengabiskan lebih banyak: USD 135,9 juta (Rp 1,9 triliun).

Kekayaan sang politikus terkaya di AS itu tak terlepas dari harta keluarganya. Keluarga Pritzker adalah keluarga Yahudi keturunan Ukraina, dan memiliki rantai perhotelan Hyatt. Ayahanda dari J. B Pritzker, Thomas, merupakan presiden dari Hyatt sekaligus adik dari pengembangnya: Jay Pritzker.

Kekayaan Trump ditaksir USD 3,1 miliar (45.4 triliun), angka itu turun hampir 600 juta dolar dari sebelum dia menjabat sebagai presiden. Sebelumnya, di era 2000-an, predikat politikus terkaya dipegang oleh Michael Bloomberg, mantan walikota New York yang juga anggota Partai Demokrat.

2 dari 2 halaman

Jadi Presiden, Trump Makin Miskin

Ekonomi Amerika Serikat (AS) terbilang berhasil di bawah pimpinan Presiden Donald Trump. Pengangguran tercatat terendah sejak 1969, pajak dipotong, dan GDP tumbuh 3,2 persen sejauh ini, melewati perkiraan Bank Sentral AS yang hanya 2 persen.

Meski ekonomi negaranya meroket, Presiden Trump mengaku rugi miliaran dolar atau puluhan triliun. Kekayaan milik miliarder ini pun menurun.

"Saya jamin padamu, saya telah rugi miliaran dolar (semenjak menjabat sebagai presiden)," ujar Trump seperti dikutip USA Today.

Donald Trump mengatakan itu atas reaksi terhadap tuduhan memperkaya diri sebagai presiden. Menurut Forbes, pada Maret lalu kekayaan Trump ditaksir turun USD 400 juta.

Kekayaan Trump ditaksir mencapai USD 3,1 miliar. Namun, jumlah pasti kekayaan Trump belum diketahui karena ia merahasiakannya. Bisnis milik Trump terdiri dari properti, ritel, investasi, belanja online di bawah konglomerasi The Trump Organization.

Trump bercerita pernah ditanya oleh sahabat miliardernya mengenai niat mencalonkan diri sebagai presiden. Trump berkata, ia tahu akan rugi bila jadi presiden, tetapi baginya itu tidak masalah.

"Karena saya melakukannya demi negara," kata Trump.

Artikel Selanjutnya
Jaksa Agung Dipecat, Investigasi Kasus Rusia di Pilpres AS Diminta Tetap Jalan
Artikel Selanjutnya
Presiden Donald Trump Pecat Jaksa Agung AS, Ada Apa?