Sukses

5 Hal yang Harus Disiapkan agar Tenang di Masa Tua

Berikut 5 hal yang harus disiapkan agar merasa tenang di masa tua nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Hidup tenang di masa tua tentunya menjadi dambaan setiap insan. Semua orang memimpikan di hari tuanya tidak lagi perlu bersusah payah harus membanting tulang untuk bertahan hidup.

Tentunya Anda juga ingin hidup tenang di hari tua kelak, bukan? Untuk mewujudkannya, butuh usaha dan kerja keras serta persiapan yang matang sejak usia muda.

Ingin tahu apa saja yang perlu dipersiapkan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut 5 hal yang harus disiapkan agar merasa tenang di masa tua nanti.

1. Punya Asuransi Kesehatan

Jangan main-main dengan urusan kesehatan. Di hari tua, tentunya kondisi kesehatan Anda akan semakin menurun. Mengingat hal itu, Anda wajib mendaftarkan diri untuk memiliki asuransi kesehatan sejak sekarang.

Pilihlah asuransi kesehatan dari penyedia yang memiliki kredibilitas baik serta pastikan Anda paham betul dengan segala prosedurnya. Namun, memiliki asuransi kesehatan bukan berarti Anda jadi lalai menjaga diri dan kesehatan, ya! Bagaimana pun juga, sehat lebih menyenangkan ketimbang sakit. (Baca Juga: Setelah Pensiun, Bagaimana Kewajiban Bayar Pajak Nanti?)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat wajiblah Anda persiapkan sejak sekarang mengingat kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari depan. Anda tentunya tidak mampu memprediksi segala kejadian ataupun kemungkinan buruk yang bisa saja menimpa Anda suatu hari, seperti bencana alam, kecelakaan, hingga penyakit.

Dana darurat bisa Anda andalkan untuk mengantisipasinya dan mencegah situasi yang semakin buruk. Walaupun Anda sudah memiliki asuransi, namun dana darurat juga diperlukan guna ketenangan hidup Anda di hari tua kelak.

Ada beberapa pilihan instrumen keuangan yang bisa Anda jadikan media penempatan dana darurat, seperti logam mulia, tabungan konvensional, deposito, hingga reksa dana pasar uang. Masing-masing instrumen tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, pilihlah dengan bijak dan cermat.

3. Memiliki Usaha Sampingan

Mumpung masih berada di usia yang produktif, ada baiknya Anda segera merintis usaha sampingan milik sendiri. Akan ada saatnya Anda harus berhenti bekerja dan tidak berpenghasilan lagi, sehingga usaha sampingan bisa menjadi sumber penghasilan dan menyelamatkan Anda secara finansial.

Usaha sampingan sebaiknya dirintis sejak Anda masih bekerja. Kelak, penghasilan yang Anda peroleh dari usaha sampingan ini untuk menambah penghasilan saat tua nanti. Mulailah sedini mungkin untuk membuka usaha, tidak harus usaha besar dengan modal yang besar, usaha apa saja tidaklah masalah.

Nah, yang perlu Anda ingat ialah jalankan usaha dengan konsisten dan penuh kesabaran. Selain itu, selalu ingatlah bahwa membuka usaha pastilah tidak lepas dari risiko. Hadapi risiko dengan bijak dan sabar.

3 dari 3 halaman

4. Punya Investasi

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Anda bisa memulai berinvestasi sejak sekarang jika ingin masa tua Anda aman secara finansial. Hasil dari investasi bisa Anda manfaatkan untuk menghidupi masa tua Anda ataupun sekadar menjadi dana tambahan saat hari tua telah tiba.

Tidak harus investasi besar-besaran, mulailah dari skala kecil, misalnya membeli emas ataupun melakukan jual-beli saham. Anda bisa memulainya dengan menyisihkan 10-15 persen dari penghasilan untuk diinvestasikan.

Jangan tunggu hingga masa pensiun Anda sudah dekat, tetapi mulailah sedini mungkin agar hasil yang akan Anda nikmati lebih besar dan mencukupi.

5. Jangan Menunda, Lunasi Utang

Semua orang tentunya memimpikan masa tua dengan tenang dan tanpa beban. Saat hari tua tiba, pastikan Anda sudah benar-benar bebas dari ikatan utang-utang. Maka, jika punya utang, jangan menunda-nunda untuk mencicil atau membayarnya.

Segera lunasi mumpung Anda masih memiliki penghasilan tetap, agar masa tua Anda tidak terbebani. Anda bisa menghindari berutang dengan menerapkan pola hidup sederhana, jangan mudah tergiur dengan barang-barang mahal ataupun gaya hidup yang tidak sesuai kantong.

Bersusah Hari Ini, Tenang di Hari Depan

Menikmati hidup di masa tua tentunya tak akan terwujud jika Anda tidak mempersiapkannya dengan matang. Anda haruslah mempersiapkannya sejak usia Anda masih muda dan produktif. Banyak hal yang harus Anda persiapkan dari sekarang.

Tentunya proses mempersiapkan hari tua yang tenang tidaklah mudah dan instan, Anda dituntut untuk bekerja keras, sehingga menuai hasil yang manis di hari tua nanti. Semangat!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini