Sukses

Harga Telur Ayam di Pasar Mencos Stabil Rp 23 Ribu per Kg

Liputan6.com, Jakarta Harga telur di pasar tradisional terpantau normal pada akhir pekan ini. Telur ayam kini dibanderol Rp 23 ribu per kilogram (kg) di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, dua agen telur di Pasar Mencos kompak menjual telur ayam di posisi Rp 23 ribu per kg. Nur (30) dan Puryadi (28) menjelaskan, belum ada tanda-tanda kenaikan untuk harga telur.

Nur bahkan memprediksi, telur ayam akan mengalami penurunan harga kembali hingga minggu depan. "Ini stok yang kemarin aja belum laku, minggu depan palingan bisa Rp 22 ribu per kg," tutur dia.

Sementara itu, Puryadi mengaku masih belum tahu terkait fluktuasi [harga telur]( 3653231 "") ke depan. Ia menekankan, harga telur ayam pada minggu ini tidak ada kenaikan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah menetapkan harga acuan telur di tingkat konsumen naik Rp 1.000, dari semula Rp 22 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

Keputusan itu mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 58 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Dengan ini, maka harga telur ayam di Pasar Mencos belum ada kenaikan atau terbilang normal. Itu diikuti dengan harga telur kampung yang dibanderol Rp 2.500 per butir dan telur puyuh seharga Rp 30 ribu per kg oleh Nur pada hari ini.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 2 halaman

Mulai 1 Oktober, Kemendag Terapkan Harga Acuan Telur dan Ayam

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan kembali menyesuaikan harga acuan penjualan untuk telur ayam ras dan daging ayam ras kepada konsumen. Rencananya penyesuaian itu diberlakukan mulai 1 Oktober 2018.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58 Tahun 2018 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani.

Harga Acuan Penjualan di Konsumen untuk harga telur ayam ras ditetapkan sebesar Rp 22.000 per kilogram (Kg). Sedangkan untuk ayam ras dpatok sebesar Rp 32.000 per Kg.

"Segera kita sesuaikan (harga di tingkat konsumen) yakni telur Rp 23.000, dan ayam sebesar Rp 34.000," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Dengan penyesuaian itu, Kemendag akan kembali merevisi Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58 Tahun 2018 tentang penetapan harga acuan.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka

Artikel Selanjutnya
Harga Bawang Merah Turun dan Daging Stabil di Pasar Citra 5 Jakarta
Artikel Selanjutnya
Harga Telur Merangkak Naik di Pasar Kebayoran Lama