Sukses

Jokowi Tantang Pengusaha Swasta Bangun Infrastruktur di Daerah Terpencil

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali angkat suara perihal polemik pengerjaan proyek infrastruktur oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal ini disampaikan menanggapi paparan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani, dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) 50 tahun Kadin Indonesia, di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin (24/9/2018).

"Saya tahu tadi Pak Rosan (Ketua Umum Kadin Indonesia) memaparkan di gambar, jalan tol ada orang kerja di situ. Saya tahu, 'Pak Presiden jangan jalan tol itu banyak dikerjakan sama BUMN. Yang ngerjain swasta saja Pak'. Saya tahu," kata dia disambut gelak tawa para peserta acara.

Mantan Walikota Solo ini menegaskan, BUMN mendapatkan tugas menggarap jalan tol karena proyek tersebut tidak visible secara bisnis untuk digarap swasta.

"Tapi di sana IRR (internal rate of return) kecil, rendah. Kenapa BUMN karena disuntik dengan PMN. Swasta kan tidak bisa kita suntik," tegas Jokowi.

Dia bahkan sempat menantang pengusaha yang sanggup membangun infrastruktur di daerah terpencil untuk naik ke atas panggung.

"Siapa sih yang mau membangun jalan tol di Sumatera? Silahkan maju, saya beri," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Rayakan HUT Emas, Kadin Beri Penghargaan Tokoh Pemerataan Pembangunan ke Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan hari ulang tahun ke-50 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Grand Ballroom, Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Jokowi yang tampil dengan setelan jas biru ditemani Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan sejumlah Menteri Kabinet kerja.

Dalam acara bertema 'Malam Perjalanan Emas Kadin Indonesia,' Kadin Indonesia memberikan penghargaan kepada Jokowi sebagai 'Tokoh Pemerataan Pembangunan Indonesia'.

Jokowi dinilai memberikan kontribusi besar dalam mendorong pemerataan pembangunan terutama di wilayah Indonesia Timur. Penghargaan berupa medali tersebut diberikan langsung Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani kepada Mantan Walikota Solo itu.

"Saya mengucapkan terima atas penghargaan ini. Sesuatu yang sangat berat untuk saya. Sangat berat. Jangan menganggap ini enteng," kata Jokowi.

Dia juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kadin Indonesia dan berharap Kadin bertumbuh menjadi lebih baik lagi

"Saya ucapkan selamat ulang tahun Kadin Indonesia. Perayaan ulang tahun emas. Semoga Kadin maju dengan gemilang," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Artikel Selanjutnya
Jokowi: Kawasan Timur Dibangun Karena Kita Bernegara Bukan Hanya Berbisnis
Artikel Selanjutnya
Rayakan HUT Emas, Kadin Beri Penghargaan Tokoh Pemerataan Pembangunan ke Jokowi