Sukses

Mau Beli Rumah Bersama Pasangan? Perhatikan 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada tempat yang lebih nyaman daripada rumah sendiri. Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar pernyataan berikut. Benar adanya, rumah adalah istana yang paling nyaman, maka tak heran semua orang berkeinginan untuk memilikirumah demi peroleh rasa aman dan nyaman.

Bicara memiliki rumah, tak terkecuali bagi pasangan muda, pastinya hal ini menjadi keinginan utama agar keluarga kecilnya aman dan nyaman di rumah pribadi.

Sebelum membeli rumah bersama pasangan, perhatikan 4 hal penting berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tetapkan Tujuan dan Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersama pasangan, sebaiknya Anda memahami betul apa yang menjadi tujuan serta kebutuhan bersama terhadap rumah yang akan dibeli. Kebutuhan yang dimaksud adalah rumah yang seperti apa yang ingin dibeli.

Pastikan disesuaikan dengan estimasi jangka waktu Anda menetap serta jumlah orang yang akan tinggal di rumah tersebut. Pertimbangan ini nantinya akan menentukan jenis rumah, luas rumah, jumlah kamar, serta konsep rumah yang akan Anda beli. (Baca Juga: Rumah DP 0 %: Syarat dan Caranya)

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 3 halaman

2. Perhitungkan Biaya

Setelah memperkirakan jenis rumah yang Anda butuhkan, Anda bisa mulai memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah sesuai yang Anda butuhkan. Tentunya, Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan kantong Anda.

Jika dana yang Anda miliki belum mencukupi, Anda bisa menggunakan fasilitas KPR (Kredit Kepemilikan Rumah), yaitu dengan membayar cicilan demi rumah impian Anda. Pastikan Anda paham betul dengan KPR yang Anda pilih untuk menghindari gagal bayar ataupun kredit macet di tengah jalan.

3. Mulai Hidup Hemat

Membeli rumah bersama pasangan tentunya tidak memakan biaya yang sedikit. Maka, saat mulai memutuskan untuk membeli ataupun mencicil rumah, Anda harus memulai untuk menjalankan gaya hidup hemat dan sesegera mungkin untuk meninggalkan gaya hidup hendon alias berfoya-foya.

Anda bisa menggabungkan dana yang ditabung dari penghasilan untuk membeli rumah impian Anda bersama pasangan. Terapkan juga hidup hemat dengan mengontrol pengeluaran dan menggunakan penghasilan hanya untuk hal-hal prioritas atau kebutuhan saja. (Baca Juga: Tertarik Tinggal di Hunian TOD: Ini Cara, Biaya dan Prosedurnya!)

3 dari 3 halaman

4. Berkomitmen

Nah, yang tak kalah penting juga adalah komitmen. Anda bersama pasangan harus saling berkomitmen mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman bersama. Agar mimpi menjadi kenyataan, selalu ingatkan pasangan Anda untuk saling bekerja sama guna mewujudkanya.

Jangan sampai hanya Anda atau pasangan saja yang membanting tulang untuk menggapai mimpi. Sebab semua rencana bisa saja berantakan dan tidak akan membuahkan hasil hanya karena tidak disertai dengan komitmen yang kuat.

Tak Ada yang Mustahil

Memiliki rumah sendiri pastinya menjadi dambaan setiap orang, terlebih ada pepatah mengatakan rumah adalah dasar utama sebuah keluarga.

Meskipun harga rumah kian menjulang tinggi di pasaran, bukan berarti mustahil bagi Anda dan pasangan untuk bisa membelinya. Tentunya tak ada yang tak mungkin jika Anda bersama pasangan mau bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkannya.

Edy Rahmayadi Mundur dari Jabatan Ketum PSSI

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sedang Menabung untuk Beli Rumah? Terapkan 4 Jurus Ini
Artikel Selanjutnya
Ragu Mulai Investasi? Simak 9 Petuah dari Para Pakar