Sukses

Harga Cabai di Pasar Tradisional Turun

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Idul Adha, harga cabai, bawang, dan sayuran masih belum terlalu berbeda dari minggu-minggu sebelumnya. komoditas pangan yang naik justru kacang panjang.

Ditemui oleh Liputan6.com di Pasar Palmerah, Senin (20/8/2018), para pedagang sayuran menjelaskan penurunan harga komoditas pangan seperti cabai.

"Harga cabai rawit merah biasa. Enggak naik. Murah malah Rp 35 ribu per kilogram (kg)," kata Erna (30), salah satu pedagang sayur di Pasar Palmerah.

Sebelumnya, di pasar yang sama, harga cabai menembus Rp 60 ribu per per kg.

Untuk rawit hijau dan cabai merah keriting, Erna menjual dengan harga Rp 30 ribu. Harga bawang juga terhitung turun di bawah Rp 30 ribu.

"Bawang merah, bawang putih, harga biasa gak naik. Merah Rp 25 ribu, yang putih Rp 25 ribu, kalau yang kating beda sedikit Rp 30 ribu," ucapnya.

Harga tomat terhitung stabil, Rp 12 ribu. Erna menceritakan yang sempat mahal adalah harga timun yang mencapa Rp 18 ribu per kg, walau sekarang sudah kembali normal, yakni Rp 8 ribu.

Saat ini, kata Erna, yang mahal adalah kacang panjang. Kemahalan ditenggarai oleh menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Yang mahal cuma kacang panjang, Rp 30 ribu, biasanya Rp 20 ribuan. Aji mumpung aja mau Lebaran," ucapnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Kacang Panjang Naik

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Legiyem (65). Ia menjual kacang panjang seharga Rp 30 ribu. Untuk harga cabai, di tempatnya masih terhitung di kisaran Rp 40 ribuan.

"Cabai merah keriting, Rp 35 ribu per kg. Rawit Rp 45 ribu. Ini sudah turun. Cabai hijau Rp 40 ribu," jelasnya.

"Kalau yang dipetik Rp 40 ribu, kalau sudah bersih Rp 45 ribu," ia menambahkan.

Di tempatnya harga bawang merah Rp 30 ribu per kg, yang putih Rp 30 ribu, dan yang kating Rp 35 ribu. Ia pun mengakui harga timun sempat naik menjadi Rp 18 ribu, namun sekarang sudah menjadi Rp 8 ribu. Sementara, harga wortel Rp 10 ribu.

"Wortel harganya Rp 10 ribu, kalau yang Rp 8 ribu itu wortel cipanas."

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, Legiyem memprediksi harga akan fluktuatif. "Naik biasanya. Naik, turun, naik, turun," ucapnya. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading