Sukses

Harga Bawang dan Cabai Turun, Sayuran Melonjak

Harga bawang dan cabai tercatat turun pada pekan ini di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan. Sementara harga sayuran justru naik.

Liputan6.com, Jakarta - Meski harga untuk komoditas bawang dan cabai tercatat turun pada pekan ini di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, harga sayur-sayuran justru naik.

Mutia (42) menegaskan, untuk harga bawang dan cabai memang kompak turun di Pasar Mencos. Namun, ia khawatir harga sayuran yang terbang bebas pada pekan ini.

"Kalau cabai dan bawang mah semua turun. Tanya ke pedagang-pedagang lain di sini juga pasti turun, tapi sayuran yang enggak ngerti, naik banget semua," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (30/7/2018).

Mutia kini membanderol cabai merah besar seharga Rp 28 ribu per kilogram (kg), dan cabai rawit merah Rp 37 ribu per kg. Dia lalu menjual bawang putih seharga Rp 25 ribu per kg serta bawang merah Rp 25 ribu per kg.

"Kalau sayuran rata-rata naik Rp 4 ribu-10 ribu per kg. Tinggi sekali untuk sayuran," tuturnya.

Untuk timun, Mutia mematok harga Rp 15 ribu per kg, naik Rp 10 ribu dari semula Rp 5.000 per kg. Adapun tomat naik Rp 4.000 per kg menjadi Rp 14 ribu per kg.

"Terong yang biasanya Rp 5.000 per kg juga naik jadi Rp 9.000 per kg. Pare juga naik jadi Rp 15 ribu per kg," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga lain

Sementara itu, Rusdi (42), pedagang sayur lain di Pasar Mencos juga mengeluhkan harga sayuran yang naik tinggi pekan ini. Untuk kacang dan buncis, dia sama-sama membanderol Rp 14 ribu per kg.

"Kacang sama buncis saya jual Rp 14 ribu per kg. Ini kayanya pada naik sayuran hari ini," tegasnya.

Sementara itu, Rusdi menjual harga cabai merah besar di kisaran Rp 28 ribu - 32 ribu per kg dan cabai rawit merah sebesar Rp 40 ribu.

Kemudian bawang putih seharga Rp 30 ribu per kg dan bawang merah sebesar di rentang Rp 25 ribu - 30 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.