Sukses

Batal Terbang Akibat Erupsi Gunung Agung, Begini Cara Refund Tiket AirAsia

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya Citilink dan Garuda Indonesia, AirAsia juga membatalkan puluhan penerbangan dari dan menuju ke Bali. Hal ini dilakukan karena Bandara Ngurah Rai, Bali ditutup selama 16 jam akibat terdampak abu vulkanik erupsi Gunung Agung

Penutupan Bandara Ngurah Rai berlangsung hari ini (29/6/2018) mulai pukul 03:00 WITA hingga pukul 19:00 WITA. Akibatnya, puluhan penerbangan AirAsia dari dan ke Denpasar, Bali telah dibatalkan.

Namun, beberapa penerbangan AirAsia lainnya tetap dijadwalkan untuk diberangkatkan sambil menunggu perkembangan informasi lebih lanjut dari pihak otoritas bandara.

AirAsia akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang melalui email dan SMS. AirAsia mengimbau semua penumpang untuk memperbarui detail kontak yang terdaftar di www.airasia.com agar dapat senantiasa dihubungi untuk mendapatkan informasi terkini terkait status penerbangan.

Bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan dapat memilih salah satu dari pilihan layanan kompensasi (Service Recovery Options) berikut:

1. Ubah jadwal (move flight): Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi; atau 

2. Akun deposit (credit account): Deposit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Akun deposit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan; atau

3. Pengembalian dana (full refund): Pengembalian dana atau refund tiket secara penuh senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan tiket penerbangan. 

 

 

 

2 dari 2 halaman

Cara Untuk Refund atau Ubah Jadwal

Penumpang yang ingin memilih “move flight” atau “credit account” diimbau untuk mengisi e-form yang tersedia di support.airasia.com:

1.   Klik “Email Kami” pada panel bagian kanan

2.   Pilih “Pertanyaan/ Permintaan” pada Jenis Masukan

3.   Pilih “Pemesanan” pada Sub Kategori 1

4.   Pilih “Mount Agung” pada Sub Kategori 2

5.   Pada bagian Subyek, ketik: “Mount Agung - Move Flight” ATAU “Mount Agung - Credit Account

6.   Isi semua kolom, lalu klik “Kirim”

a. Untuk “move flight”, sertakan rincian jadwal penerbangan baru yang diinginkan (termasuk tanggal dan waktu) dan nama penumpang

b. Untuk “credit account”, sertakan ID anggota AirAsia BIG Loyalty

 

Tamu yang ingin memilih “full refund” juga dapat mengisi e-form yang tersedia di support.airasia.com:

1.     Klik tab “Email Kami” pada panel bagian kanan

2.     Pilih “Pengembalian Dana” pada Jenis Masukan

3.     Pilih “Pembatalan Penerbangan”  pada Sub Kategori 1

4.     Pada bagian Subyek, ketik: “Mount Agung - Refund

5.     Lengkapi kolom lainnya dan klik “Kirim” untuk melanjutkan

Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi tim Customer Happiness melalui support.airasia.com. AirAsia akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk menyampaikan informasi dan perkembangan situasi terkini.

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Gunung Agung Erupsi, 22 Penerbangan AirAsia Dibatalkan
Artikel Selanjutnya
AirAsia Beroperasi di Terminal Baru Bandara Ahmad Yani