Sukses

Bangun Landasan ke-3, Bandara Soetta Bisa Layani 100 Juta Penumpang

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah membangun East Connection Taxiway dan landasan pacu ke-3 di Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) kini tengah memperluas kapasitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, yakni dengan membangun East Connection Taxiway dan landasan pacu (runway) ke-3.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengunjungi dua proyek tersebut pada Minggu (15/4/2018).

Dia mengutarakan, pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah penumpang yang datang dan terbang dari Bandara Soetta, dari 64 juta orang per tahun menjadi 100 juta orang lebih.

"Kalau diterjemahkan dalam bentuk movement (pergerakan), sekarang sudah 81 penerbangan per jam. Nanti bisa lebih dari 100 (penerbangan per jam), 114 tepatnya," tuturnya.

"Kita juga bangun cargo village, karena permintaan barang banyak sekali," tambah Budi Karya. 

Setelah proyek East Connection Taxiway dan Runway ke-3 selesai, Menhub mengatakan Angkasa Pura II akan lanjut membangun Terminal 3 Bandara Soetta. Pembangunan kedua proyek awal itu dijalankan secara paralel, dengan target penyelesaian Juli 2019.

Adapun kucuran dana untuk proyek East Connection Taxiway kurang lebih Rp 1,5 triliun, dengan sumber dana berasal dari kantong perseroan. Mereka pun memberikan mandat kepada PT Hutama Karya (Persero) sebagai pihak kontraktor.

Sementara untuk proyek runway ke-3 Bandara Soetta akan dikerjakan lewat dua seksi, dengan total nilai kontrak mencapai Rp 1,6 triliun. Kontraktor untuk pengerjaan ini ialah PT PP (Persero) Tbk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Kapasitas Penumpang

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyatakan, pembangunan paralel East Connection Taxiway dan runway ke-3 juga akan meningkatkan kapasitas jumlah penumpang Bandara Soetta secara bertahap.

"Awalnya kan (kapasitas penumpang bandara) 76 juta, terus sekarang sudah 81 juta. Kalau East Cross (East Connection) selesai bisa 86 juta penumpang," jelas dia.

Pembangunan selanjutnya, kata dia, tidak akan berhenti pada Terminal 3 Bandara. Dia menyebutkan, rencana itu masih dikaji, dan menargetkan pengerjaan Terminal 4 selesai pada 2025.

"Itu juga akan menambah kapasitas penumpang. Untuk Terminal 3 bisa nambah 25 juta, sama juga dengan Terminal 4. Penambahan total sekitar 50 juta penumpang," tandas Awaluddin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini