Sukses

Wajib Tahu! Ini Trik Atur Duit Menurut Urutan Lahir di Keluarga

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur keuangan memang bukan sesuatu hal yang sederhana. Sebesar apapun jumlah pemasukanmu, kamu akan tetap merasa kurang. Sebab, semua juga tergantung sama gaya hidupmu.

Ditulis oleh Swara Tunaiku, kalau gaya hidup dan pengeluaran memiliki korelasi, berarti di satu sisi kamu juga perlu memahami siapa dirimu agar kondisi finansialmu tidak kacau.

Menjadi penting belajar memahami kepribadianmu dengan benar, sehingga kamu bisa mewaspadai dan berhati-hati dalam mengatur keuangan.

Mempelajari kepribadian untuk tujuan mengatur keuangan cukup mudah. Kamu bisa lihat dari urutan lahirmu yang menjadi salah satu faktornya. Yuk, simak ulasan singkatnya:

1. Anak tunggal

Biasanya anak tunggal memiliki sifat rapi dan terorganisir, bahkan tahu caranya menemukan sesuatu di tengah tumpukan yang tinggi. Tahu sendiri kan mereka dibesarkan dengan persiapan masa depan yang ketat.

Hal ini membuat mereka diharuskan bisa bersikap dewasa sejak dini. Alhasil, anak tunggal cenderung tenang dan dingin di permukaan.

Meskipun begitu, kasih sayang dan perhatian yang amat besar dari orang tua terkadang membuatnya bersikap manja, sehingga anak tunggal tidak bisa jauh dari sikap boros. Jadi, anak tunggal butuh kerja keras untuk belajar mengatur keuangan.

1 dari 3 halaman

2. Anak sulung

Menjadi anak sulung tidak jauh beda seperti anak tunggal. Kamu sebagai anak tertua dibesarkan dengan harapan yang tinggi. Tidak jarang orang tua sering memberi perhatian lebih dalam hal pendidikan dan tanggung jawab.

Bicara soal mengatur keuangan, anak sulung cenderung meniru kebiasaan orang tuanya. Mereka tahu caranya menentukan pos-pos pengeluaran yang tepat.

3. Anak tengah

Pada umumnya, anak tengah cenderung pandai bergaul, mudah beradaptasi, dan bernegosiasi. Keramahannya membuat dia disukai oleh banyak orang.

Walaupun demikian, anak tengah cenderung memiliki sifat boros dalam hal keuangan. Sifat borosnya ini bisa dipengaruhi oleh keinginannya mengikuti pergaulan. Anak tengah lebih membutuhkan bantuan siapa saja untuk mengatur keuangannya.

2 dari 3 halaman

4. Anak bungsu

Banyak yang berasumsi kalau anak paling bontot identik dengan sifat manja. Padahal semua itu tergantung jarak lahir dengan sang kakak.

Kalau jaraknya dekat, memang anak sulung bisa mempunyai sifat manja. Tetapi kalau jaraknya jauh, anak bungsu bisa punya sifat hemat dan pandai mengatur keuangan seperti kakaknya.

Oleh karena itu, cara mengatur keuangan untuk kedua kategori anak bungsu ini pun berbeda. Masalah finansial juga dihadapi oleh anak bungsu, ada baiknya mereka diingatkan untuk berhati-hati dalam membelanjakan uang dan buat rencana keuangan secara berkala.

Urutan lahir mempengaruhi kondisi psikologismu. Hal ini yang bisa berimplikasi pada pola hidupmu, salah satunya manajemen keuangan.

Apapun persoalan keuangan yang kamu hadapi, usahakan untuk menabung diawal, sisanya bisa kamu atur sesuai kebutuhanmu.

Artikel Selanjutnya
Puasa Tanpa Ibunya, Bagaimana Perasaan Anak-anak Atalarik Syach?
Artikel Selanjutnya
Kenali 4 Peran Orangtua Sesuai Usia Anak