Sukses

Reshuffle Kabinet Tak Pengaruhi Laju IHSG

Liputan6.com, Jakarta Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung mendatar dengan penguatan terbatas pada perdagangan saham Rabu (17/1/2018). Penguatan IHSG itu di tengah ada perombakan kabinet atau reshuffle.

Berdasarkan data BEI pukul 09.46 WIB, IHSG naik tipis 0,03 poin ke posisi 6.429. Pada Rabu siang, IHSG menguat terbatas ke posisi 6.430.

Sementara itu, secara sektoral, sebagian sektor saham menguat kecuali sektor saham keuangan turun tipis ke 1.149.

Sedangkan sektor saham konsumsi naik jadi 2.863, sektor saham tambang di posisi 1.802, sektor saham aneka industri di posisi 1.360, sektor saham perdagangan di posisi 928, sektor saham pertanian di posisi 1.623.

Analis menilai ada reshuffle tidak pengaruhi pergerakan pasar saham. Hal itu lantaran sudah diantisipasi pasar dan kementerian yang diganti tidak berkaitan dengan pasar keuangan.

"Reshuffle kabinet tidak memiliki dampak ke pasar. Yang di reshuffle pun bukan kementerian yang sensitif ke pasar saham. Investor menilai memang ini harus dilakukan karena ada posisi yang lowong karena ada menteri  yang mengikuti pillkada," ujar Analis PT Semesta Indovest Aditya Perdana saat dihubungi Liputan6.com.

Aditya menuturkan, pasar cenderung tidak bereaksi lantaran sudah antisipasi reshuffle.

Hal senada dikatakan Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada. Ia melihat pergerakan IHSG tidak terlalu banyak pengaruh meski ada reshuffle kabinet.

"Saya lihat tidak banyak pengaruh," kata dia.

Reza menambahkan, bila IHSG melemah juga didorong aksi ambil untung. Hal itu lantaran IHSG sudah naik karena antisipasi rilis suku bunga acuan Bank Indonesia pada esok Kamis pekan ini.

 
 
2 dari 2 halaman

Reshuffle Kabinet, Ini Sosok 4 Anggota Baru Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle kabinet Rabu, (17/1/2018) pagi ini. Dalam reshuffle jilid III ini, Jokowi langsung melantik anggota kabinet yang baru tanpa pengumuman sebelumnya.

Ada empat anggota baru dalam kabinet Jokowi. Keempatnya yakni Idrus Marham, Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko, Jenderal TNI Purnawirawan Agum Gumelar, dan Marsekal Madya (Marsdya) Yuyu Sutisna.

Idrus diangkat sebagai Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa, yang saat ini mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Timur. Sementara Moeldoko menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Presiden (KSP).

Adapun Agum Gumelar diangkat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) dan Yuyu menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, yang sebelumnya telah diangkat sebagai Panglima TNI.

Keempatnya dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu pagi di Istana Negara, Jakarta. Berikut sosok empat anggota yang masuk dalam reshuffle kabinet Jokowi tersebut:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Surya Paloh Ngaku Belum Dapat Bocoran Menteri Jokowi: Mungkin Saya Terakhir
Artikel Selanjutnya
Jokowi soal Menteri: 45% Parpol, 55% Profesional, Partai Sudah Tahu