Sukses

Mau Mulai Buka Usaha di 2018? Buruan Coba 5 Tips Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Tahun telah berganti, tentu resolusi baru juga sudah harus dipersiapkan. Lalu, apa salah satu resolusi Anda di 2018 adalah memulai usaha?

Meski banyak yang ragu untuk memulai usaha, terlebih pada awal bisnis baru dibangun akan berhadapan dengan berbagai rintangan, namun jangan sampai mematahkan semangat kita begitu saja.

Sebagai seorang pengusaha, kita perlu menyiapkan strategi bisnis dan mental dalam menghadapi setiap rintangan atau risiko yang ada.

Membangun usaha sendiri memang tidaklah mudah, tetapi bukan hal yang juga tidak mungkin dilakukan. Siapa saja bisa sukses, asalkan usaha dibangun dengan benar.

Berikut beberapa tips jitu untuk memulai bisnis dari awal, seperti dilansir dari Laruno.com, Kamis (4/1/2018):

1. Urus izin usaha

Perizinan usaha, dokumen pajak, dan dokumen-dokumen legal lainnya yang diperlukan untuk membuat usaha harus diurus agar kelangsungan usaha di masa depan lebih mudah.

2. Perencanaan yang matang

Apakah Anda punya ide yang bagus untuk bisnis Anda? Sebelum mewujudkan ide tersebut, pastikan ide bisnis Anda tersebut relevan dan dapat diwujudkan di lokasi tempat Anda berbisnis.

Tentukan target market Anda dan kenali mereka. Lakukan pengamatan atau riset pasar, kemudian buatlah perencanaan bisnis yang tepat.

1 dari 3 halaman

3. Cek dukungan finansial

 

Setelah Anda sudah menentukan bentuk, jenis usaha, dan perencanaan bisnis yang akan dibangun, cek dukungan finansial Anda. Apakah Anda bisa berjalan dengan modal sendiri, atau memerlukan tambahan modal dana dari kredit usaha.

4. Bangun awareness

Untuk membangun awareness bisnis, sebagai langkah awal Anda bisa menentukan nama usaha, desain logo, kemudian membeli domain untuk membuat website. Agar lebih profesional, miliki alamat e-mail dengan domain perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan stakeholder lainnya.

2 dari 3 halaman

5. Pilih sistem dan tools IT yang tepat

Karena bisnis Anda baru dibangun, pilih sistem dan tools IT yang sesuai dengan jenis usaha agar bisnis Anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan demikian, biaya bisa dialokasikan lebih besar untuk promosi, membangun awareness, dan layanan pelanggan.

 Demikian beberapa tips untuk membangun bisnis dari awal. Semoga bermanfaat.

 Mau baca tips bisnis dan karir lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com

Baca Juga: 5 hal sederhana ini memberikan efek besar pada kesuksesan bisnis Anda di sini

 

Artikel Selanjutnya
Top 3: KAI Cari Pegawai Lulusan D3 hingga S1
Artikel Selanjutnya
Cara Cerdas Habiskan Uang Selain Belanja