Sukses

Begini Cara Biar Tak Gugup Saat Wawancara Kerja

Anda sering merasa gugup saat wawancara kerja? Begini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat panggilan untuk wawancara kerja memang membuat senang. Namun ketika Anda telah datang ke perusahaan dan siap untuk wawancara kerja kadang kala merasa sangat gugup.

Detak jantung meningkat, tangan berkeringat dan bergetar menjadi tanda-tanda bahwa Anda sedang gugup. Gugup saat wawancara kerja memang merupakan hal yang wajar terutama untuk Anda yang belum memiliki pengalaman bekerja.

Tapi gugup yang berlebihan juga bisa merugikan Anda dan mengakibatkan Anda tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut. Untuk mengatasi gugup, Anda bisa melakukan beberapa hal ini sebelum mendatangi wawancara kerja seperti dikutip dari Karir.com:

1. Lakukan riset mengenai perusahaan

Melakukan riset sebelum wawancara kerja sangatlah penting. Anda bisa mencari taunya melalui website resmi perusahaan. Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai perusahaan: Perusahaan bergerak di bidang apa, sejarah perusahaan, culture perusahaan dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui tentang perusahaan, Anda akan merasa lebih percaya diri karena sudah mengetahui tentang perusahaan. Dan Anda tidak perlu pusing ketika ditanya yang bersangkutan tentang perusahaan tersebut.   

2. Latihan wawancara kerja

Kebanyakan perusahaan akan melakukan wawancara kerja dengan menggunakan bahasa inggris. Maka dari itu, Anda bisa meminta bantuan kepada teman atau keluarga yang mahir berbahasa inggris untuk latihan wawancara kerja.

Lakukanlah latihan dengan serius seakan-akan Anda sedang melakukan wawancara kerja sungguhan agar hasil yang didapat nantinya sesuai dengan yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan lupa lakukan kontak mata

Meskipun rasa gugup saat wawancara kerja adalah hal yang wajar dan hal ini pasti pernah dialami setiap orang sehingga hal-hal kecil sering kali terlupakan. Salah satu hal kecil tersebut yaitu kontak mata.

Jangan pernah menyepelekan kontak mata saat wawancara kerja berlangsung. Sebab dengan kontak mata, pewawancara bisa menilai apakah Anda sedang berbohong atau tidak. Memang itu akan membuat sebagian orang menjadi tambah gugup.

Cara lain untuk melakukan kontak mata, Anda bisa memandang bagian atas kepala atau kening pewawancara. Kontak mata juga menunjukan bahwa Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan jujur.

4. Datang lebih awal

Ada banyak hal yang mungkin bisa terjadi dan menggagalkan wawancara kerja Anda seperti: hujan, ban bocor, macet dan lainnya. Jangan sampai ini terjadi.

Maka, untuk mensiasatinya, Anda bisa memperkirakan berangkat lebih awal dari rumah menuju tempat wawancara kerja dan datang tepat waktu, setidaknya 30 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih menenangkan diri, mengatur pernapasan, tidak buru-buru, merapikan pakaian dan baju Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini