Sukses

Sering Liburan Bisa Bikin Anda Cepat Dapat Kerja, Ini Alasannya

Berikut adalah 10 alasan mengapa pengalaman liburan bisa menjadi faktor dalam sebuah wawancara kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah resume lamaran pekerjaan jarang menampilkan riwayat perjalanan seseorang karena dianggap sebagai pengalaman pribadi. Padahal, sebenarnya pengalaman bepergian memiliki banyak hal yang dapat melatih dan mengubah seseorang menjadi lebih baik. 

Jika Anda sering bepergian, pasti Anda tidak asing lagi dengan hal-hal seperti di bawah ini dan hal tersebut bisa membantu dalam bekerja.

Dikutip dari lifehack, Jumat (24/8/2017), berikut ini 10 alasan mengapa pengalaman liburan bisa menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam wawancara kerja:

Tidak membatasi pertumbuhan pribadi

Orang yang sering pergi berlibur atau disebut pelancong biasanya memiliki pertumbuhan pribadi profesional. Bepergian menyediakan tempat latihan yang ideal untuk itu. Mereka akan tahu bagaimana menghadapi orang-orang dari budaya dan latar belakang yang berbeda.

Dalam dunia yang semakin global, ini menjadi semakin penting. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi dan pengalaman akan menghasilkan sekitar 25 persen peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Sisanya 75 persen akan tergantung pada kemampuan orang dan komunikasi mereka.

Tidak mudah curiga

Penyuka jalan-jalan jauh lebih memiliki pandangan dunia yang lebih modern. Mereka jauh lebih terbuka untuk berubah dan mungkin akan mengatasi penyesuaian dalam pengaturan staf, reorganisasi, atau masalah manajemen lainnya dengan lebih mudah daripada kandidat yang tidak pernah pergi berlibur atau menjelajahi tempat lain.

Memiliki manajemen waktu

Pelancong lebih mahir dalam mengatur waktu. Hal ini dibuktikan karena mereka harus membuat jadwal perjalnan yang harus mereka taati dan harus tepat waktu saat ke bandara.

Keterampilan manajemen waktu diasah ketika pelancong harus melihat pemandangan kota utama dalam waktu singkat atau menjelajahi suatu negara dalam waktu singkat.

Menghitung waktu, belajar dari pengalaman, dan menetapkan tujuan perjalanan cerdas adalah keterampilan hebat.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Selanjutnya

Harus belajar bahasa lain

Pelancong biasanya sangat antusias untuk mempelajari bahasa negara yang mereka kunjungi. Ini adalah batu loncatan untuk belajar bahasa dengan sangat baik.

Jika perusahaan Anda berurusan dengan klien internasional, masuk akal untuk mengambil kandidat dengan kemampuan bahasa tambahan itu. Mereka akan sangat berharga untuk komunikasi, konferensi, dan jaringan.

Tak keberatan bergerak keluar dari zona nyaman

Pelancong yang sering sering harus menghadapi situasi yang penuh tekanan sehingga memaksa mereka untuk mendorong batas zona kenyamanan mereka.

Ini adalah ujian sejati tentang bagaimana mereka tetap tenang dan bagaimana mereka keluar dari situasi yang sulit. Ini adalah latihan yang sangat baik untuk karir mereka karena akan ada situasi paralel dimana zona kenyamanan harus ditinggalkan.

Tidak keberatan bekerja dalam sebuah tim

Ini sangat penting untuk bagaimana mereka akan tampil di sebuah tim di tempat kerja. Selalu layak menyelidik calon untuk mengetahui bagaimana dia berkontribusi pada tujuan dan kolaborasi kelompok dalam perjalanan.

Mudah membuat keputusan

Pelancong harus membuat keputusan sepanjang waktu saat mereka dalam perjalanan. Mereka harus menimbang pro dan kontra transportasi, akomodasi, dan penilaian risiko.

Mereka juga harus pandai memprioritaskan. Ini adalah keterampilan yang sama yang akan mereka bawa ke tempat kerja.

Selanjutnya

Tidak panik dalam keadaan darurat

Para pelancong biasanya harus bisa bertahan hidup dalam kondisi apa pun. Ini biasanya merupakan indikator bagus tentang bagaimana mereka akan mendekati keadaan darurat di tempat kerja.

Dapat menjaga kesehatan sendiri

Dalam perjalanan liburan, pelancong harus benar- benar menjaga kesehatan mereka agar tidak menghambat perjalanan liburan. Akan ada keputusan untuk dibuat tentang vaksin, perawatan medis darurat, bagaimana mereka mengatur resep mereka, dan kesehatan darurat mereka.

Meminta tentang bagaimana rencana mereka untuk semua ini akan menjadi indikasi bagaimana mereka menangani pengelolaan diri sendiri di tempat kerja.

Memiliki inovasi

Pelancong sering penasaran. Inilah yang mendorong mereka. Apresiasi mereka atas keragaman akan membantu mereka untuk lebih kreatif dalam pendekatan mereka terhadap kehidupan, etika, politik, dan pekerjaan.

Ini akan menjadi faktor kunci saat mereka didorong untuk berinovasi di tempat kerja. Inovasi adalah pekerjaan setiap orang, dan jika perusahaan Anda berusaha membawa produk, layanan, atau proses baru, semua orang akan merasa diberdayakan untuk mengejar kreativitas mereka.

Pengelana sering akan sesuai dengan tagihan dengan sempurna. (Fransiska Wahyuning)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.