Sukses

Bisnis Meningkat, Tingkat Optimisme Pengusaha Naik di Kuartal II

TB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada kuartal berjalan dan perkiraan kuartal mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada kuartal II-2017 tercatat mencapai 111,63. Hal ini menunjukkan kondisi bisnis meningkat jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Tingkat optimisme pelaku bisnis juga dilaporkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal I-2017, dengan nilai ITB sebesar 103,42.

"STB dilakukan setiap kuartal di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah sampel STB kuartal II-2017 sebesar 2.299 perusahaan besar dan sedang, dengan responden pimpinan perusahaan," mengutip keterangan dari laman BPS, Senin (7/8/2017).

ITB merupakan indeks yang menggambarkan kondisi bisnis dan perekonomian pada kuartal berjalan dan perkiraan kuartal mendatang.

Data ITB diperoleh berdasarkan Survei Tendensi Bisnis (STB) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI).

BPS melaporkan, pada kuartal II-2017 tercatat seluruh kategori lapangan usaha mengalami peningkatan kondisi bisnis, kecuali kategori lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang turun.

Peningkatan kondisi bisnis tertinggi terjadi pada kategori lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib dengan nilai ITB sebesar 130,39.

Sementara itu, penurunan kondisi bisnis hanya terjadi pada lapangan usaha pertambangan dan penggalian dengan nilai ITB sebesar 96,91.

Dilaporkan jika kondisi bisnis pada kuartal II-2017 yang meningkat karena peningkatan tiga komponen pembentuknya. "Yaitu pendapatan usaha dengan nilai indeks sebesar 118,93, penggunaan kapasitas produksi/usaha dengan nilai indeks sebesar 114,55, dan rata-rata jumlah jam kerja dengan nilai indeks sebesar 101,40," isi laporan BPS.

Proyeksi Bisnis di Kuartal III

Usai merilis Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada kuartal II-2017, BPS memprediksi nilai ITB pada kuartal III-2017 diperkirakan mencapai 108,82. Dengan demikian, secara umum kondisi bisnis pada kuartal III-2017 diperkirakan meningkat dibandingkan kuartal sebelumnya.

Namun, tingkat optimisme pelaku bisnis diperkirakan sedikit menurun jika dibandingkan dengan kuartal II-2017. Pada kuartal III-2017 kondisi bisnis seluruh kategori lapangan usaha diperkirakan meningkat.

"Peningkatan kondisi bisnis tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib dengan perkiraan nilai ITB sebesar 130,88," dari penjelasan BPS.

Sementara itu, peningkatan kondisi bisnis terendah diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha jasa perusahaan dengan perkiraan nilai ITB sebesar 101,03.

Tonton video menarik berikut ini:


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.