Sukses

Unik, Perusahaan Korea Ini Hanya Rekrut Pegawai di Atas 55 Tahun

Perusahaan bahkan menyediakan alat uji tekanan darah bagi agar pegawai berumur bisa terus memonitor kesehatannya.

Liputan6.com, Jakarta Ever Young, perusahaan start-up yang bermarkas di Korea Selatan memiliki aturan unik terkait perekrutan pegawai. Perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi ini hanya merekrut pegawai yang berusia di atas 55 tahun.

Sejak berdiri pada 2013, Ever Young kini mempekerjakan 420 orang pegawai yang memiliki rentang usia 55 hingga 83 tahun. Pendiri perusahaan Chung Eunsung mengatakan, aturan ini ia buat untuk mendobrak tradisi lama yang sering ada di dunia kerja Korea Selatan.

Menurutnya, sebagian besar perusahaan di Korea Selatan akan memaksa pegawai untuk pensiun sebelum mereka benar-benar masuk ke masa pensiun yaitu di usia 60 tahun.

Dengan memberlakukan aturan ini di perusahaannya, Eunsung ingin membuktikan bahwa pekerja tua juga bisa memiliki produktivitas yang sama dengan pekerja usia muda.

"Fenomena kultur kerja seperti ini banyak terjadi di Korea Selatan. Saya percaya dengan merekrut pegawai yang berumur kami dapat membantu untuk memperbaiki kualitas hidup dan kesejahteraan mereka," ungkap Eunsung seperti dilansir dari Channel News Asia, Minggu (18/6/2017).

Banyak masyarakat berpikir pekerja dengan usia lanjut akan sangat lambat dalam mempelajari hal baru yang berhubungan dengan teknologi. Namun Eunsung mengungkap, pegawai-pegawai ini justru sangat bersemangat dan memiliki keinginan besar untuk belajar hal baru.

Lebih lanjut, beberapa pegawai berusia lanjut di perusahaan ini juga mengaku bahwa mereka memiliki perhatian yang besar pada detil. Meski sudah memasuki usia senja, mereka tidak mau ketinggalan dengan etos kerja yang ditunjukkan pegawai lebih muda.

"Saya mencoba untuk berpacu dengan waktu dan saya bersemangat untuk belajar hal baru," kata pegawai Ever Young berusia 83 tahun.

"Setelah dua orang anak perempuan saya tumbuh besar, saya merasa tidak memiliki kewajiban lain. Tapi saya ingin tetap melakukan sesuatu untuk bisa mengembangkan diri saya," ujar pegawai Ever Young lain yang berusia 59 tahun.

Pegawai di perusahaan ini bekerja dengan sistem shift empat jam. Mereka diharuskan untuk mengambil waktu istirahat selama 10 menit tiap 50 menit sekali.

Pegawai diperbolehkan mengambil makanan ringan di dapur atau bersantai di area istirahat sembari duduk dan membaca buku. Ever Young bahkan menyediakan alat uji tekanan darah bagi agar pegawai bisa terus memonitor kesehatannya.

EverYoung merupakan perusahaan pemantau konten yang melatih stafnya untuk menggunakan platform di Naver, Google versi Korea Selatan. Tugas utama mereka adalah menyensor informasi sensitif di Naver Maps, dan memantau konten di berbagai platform blogging.

Beberapa pegawai juga dilatih dalam beberapa keterampilan IT dan terkadang ditugaskan untuk mengajar kelas coding untuk anak-anak.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.