Sukses

Yuk, Berhemat dengan Bawa Bekal ke Kantor

Di Jepang, kebiasaan membawa bekal masih berlanjut hingga di dunia kerja.

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dipungkiri, kenaikan gaji seringkali tak mampu mengejar pertambahan biaya hidup. Baik kamu yang masih lajang, maupun sudah berkeluarga, pasti ada saja kendala untuk mengimbangi pemasukan dan pengeluaran.

Entah itu untuk biaya tempat tinggal (cicilan rumah, bayar kos), transportasi (angkutan umum atau kendaraan pribadi), dan lain-lain. Untuk mengakalinya, tentu saja ada pos-pos pengeluaran yang harus diakali. Salah satunya, pengeluaran untuk makan.

Nah, dalam satu bulan, berapa rupiah sih yang kamu habiskan untuk makan dalam sebulan?

Dikutip dari Tunaiku, Rabu (3/5/2017), apabila kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Medan, rata-rata kamu akan menghabiskan Rp 15 ribu–Rp 50 ribu per makan alias hampir Rp 100 ribu per harinya.

Enggak terasa sih, tapi jika setiap hari seperti ini, dompetmu bisa bocor sampai Rp 2 juta per bulan hanya untuk makan.

Solusinya: bawa bekal!

Bekal itu enggak hanya untuk anak sekolahan

Yup, bawa bekal itu enggak hanya untuk anak-anak SD lho. Kamu yang sudah dewasa, bekerja di perusahaan bonafit dan sudah mapan pun, masih disarankan membawa bekal. Lihat saja orang-orang Jepang. Kebiasaan membawa bekal di sana masih berlanjut hingga di kehidupan kantor, lho.

Tentu saja kamu tahu keuntungan dari membawa bekal kan?

Pertama, tentu saja kebersihan dan cita rasa yang sudah pasti terjaga. Kedua, mengurangi pemakaian sampah plastik wadah makanan yang dikemas. Ketiga, enggak usah repot-repot berpanas-panasan ke luar untuk makan siang. Dan terakhir, tentu saja berhemat!

Bawa bekal = Hemat ratusan ribu per bulannya

Enggak percaya? Sekarang coba deh sama-sama kita bandingkan pengeluaran rata-rata untuk makanmu: beli vs bawa bekal.

Seperti yang disebutkan di atas, di kota besar seperti Jakarta, dalam satu hari kamu akan menghabiskan rata-rata Rp 70 ribu–Rp 100 ribu untuk makan dan jajan. Dalam sebulan, bisa habis hampir Rp 2 juta.

Sedangkan jika bawa bekal, kamu hanya akan menghabiskan sekitar Rp 100 ribu-Rp 150 ribu saja per minggunya. Eits, enggak hanya untuk makan siang saja, tapi untuk 2 kali makan setiap harinya.

Kok bisa gitu? Ini dia hitung-hitungannya:  

    - Beras 2 kg = 7 hari (2x makan per hari) = Rp 30 ribu
    - Stok sayur untuk 7 hari = Rp 35 ribu
    - Beli nugget kemasan 1 pack untuk satu minggu = Rp 40 ribu
    - Bumbu dan lain-lain = Rp 30 ribu

Total untuk satu minggu, kurang lebih hanya Rp 100 ribu–Rp 150 ribu!

Lumayan banget kan bedanya? Coba sekarang dihitung-hitung seberapa banyak yang bisa kamu hemat dalam satu bulan, hanya di pos makan. Kuncinya, konsisten dan rajin bangun pagi.



 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.