Sukses

7 Kesalahan Umum Saat Wawancara Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara menjadi salah satu hal yang berperan penting dalam proses penerimaan kerja. Dalam wawancara kerja, Anda bukan hanya bisa bertemu secara langsung dengan perwakilan perusahaan. Proses wawancara kerja juga merupakan kesempatan Anda untuk meyakinkan mereka agar diterima kerja.

Nah, banyak hal yang didapat dari pewawancara saat melakukan pertemuan langsung. Sebagian besar pewawancara akan mengamati jawaban dan perilaku Anda saat melakukan wawancara kerja. Ada kesalahan sedikit maka bukan tidak mungkin lamaran Anda akan langsung dibuang ke tempat sampah.

Dikutip dari indy100.com, Selasa (17/1/2017), berikut ini 7 kesalahan yang biasa dibuat saat melakukan wawancara kerja:

1. Cemas

Kurang percaya diri dan persiapan yang buruk membuat bahasa tubuh Anda tak nyaman saat melakukan wawancara kerja. Semua itu akan bisa langsung diketahui oleh pewawancara karena mereka cukup berpengalaman.

Oleh sebab itu, persiapan diri dengan baik setidaknya belajar dahulu mengenai perusahaan yang akan Anda masuki untuk menghilangkah kecemasan saat wawancara.

2. Berbohong

Berdasarkan sebuah penelitian, dua pertiga dari manajer perekrutan tidak akan mempekerjakan seseorang yang tertangkap basah berbohong.

Ingat, ada garis tipis antara menjilat dengan membesar-besarkan sesuatu hingga berbohong. Jangan Sampai Anda termasuk ke dalam golongan yang suka berbohong.

3. Menggunakan Telepon

Berdasarkan survei, sebanyak 64 persen dari para perekrut menyatakan bahwa mereka tidak akan menerima seseorang yang menerima panggilan telepon atau mengirim pesan saat proses wawancara.

Ada dering telepon saat wawancara juga dianggap tidak profesional. Oleh sebab itu, selalu matikan telepon Anda saat melakukan wawancara kerja.

4. Sombong

Percaya diri memang sangat diperlukan dalam proses wawancara kerja. Namun ingat, jangan sampai percaya diri tersebut sampai ketahap sombong.

5. Berpakaian yang tidak tepat

Sangat penting dalam wawancara kerja untuk terlihat pintar, bersih dan rapi. Tak peduli posisi apa yang akan Anda lamar tetapi berpenampikan yang formal menjadi keharusan saat wawancara kerja.

6. Terlambat

Keterlambatan saat melakukan wawancara kerja menjadi tanda Anda tidak profesional. Oleh sebab itu datanglah 30 setidaknya 30 menit sebelum Anda melakukan wawancara kerja.

7. Kurang kontak mata

Hampir 70 persen dari mereka yang disurvei menyebutkan bahwa kegagalan saat wawancara kerja karena kurangnya kontak mata. Kurang kontak mata menunjukkan Anda tidak serius untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. (Gdn/Ndw)

Loading