Sukses

Jangan Lakukan Ini Jika Tak Mau Keuangan Anda Berantakan

Apakah Anda berharap kondisi keuangan dan finansial menjadi lebih baik di tahun ini dan tidak memiliki masalah seperti sebelumnya?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda berharap kondisi keuangan dan finansial menjadi lebih baik di tahun ini dan tidak memiliki masalah seperti tahun-tahun sebelumnya?

Dilansir dari laman Nigeriatoday, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika  tidak ingin keuangan Anda bermasalah:


1. Hidup di atas kemampuan

Bergaya hidup di atas kemampuan yang dimiliki hanya untuk menyenangkan ego dan memuaskan keinginan yang tidak perlu dipastikan akan membuat kondisi keuangan Anda berantakan.

Karenanya usahakan untuk selalu hidup sederhana dan apa adanya sesuai kemampuan yang dimiliki.  Jangan melihat ke atas, tapi sesekali lihatlah ke bawah, masih banyak orang yang hidup lebih kekurangan dari Anda.

2. Nabung setelah belanja

Jika Anda punya kebiasaan menabung atau menyimpan uang setelah membelanjakannya, hal ini akan menempatkan Anda pada kesulitan. Karena dengan adanya uang di tangan, maka Anda tidak akan pernah kehabisan hal untuk membelikan sesuatu dan Anda pun selalu punya cara untuk menghabiskan uang tersebut.

Jadi cara yang bijaksana secara finansial untuk hidup adalah tabung uang terlebih dahulu sebelum digunakan untuk belanja dan keperluan lainnya. Yakinlah cara ini akan menyehatkan finansial Anda.

3. Membeli segala sesuatu yang sedang tren

Kebiasan mengikuti perkembangan tren dengan cara membelinya pasti akan membuat uang Anda cepat habis. Jika dibiasakan tentu akan mengkhawatirkan bagi kondisi keuangan Anda ke depan. Jangan sampai mengorbankan keuangan untuk hal yang sedang tren namun sebenarnya tidak Anda butuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber pendapatan



4. Bergantung pada satu sumber pendapatan

Salah satu kesalahan terbesar seseorang adalah hanya bergantung pada satu sumber pendapatan. Bagaimana bila tiba-tiba Anda kehilangan pekerjaan dan masih punya utang?

Ini pasti akan membuat kelabakan karena sumber pendapatan sudah tidak ada lagi. Karenanya jadilah kreatif dan jangan pernah mengandalkan uang dari satu sumber saja.

5. Meminjam uang ke bank

Mengambil pinjaman uang ke bank merupakan ide yang buruk kecuali Anda bisa segera melunasinya secara cepat. Seperti diketahui bunga pinjaman bank sangat besar dan tentu saja cicilannya bertahun-tahun akan membuat Anda rugi secara finansial.

 

3 dari 3 halaman

Jauhi si pengeluh


6. Berada di antara pengeluh

Jika ini terjadi dipastikan bisa membuat Anda kacau. Apalagi jika orang-orang di sekitar Anda selalu mengeluh masalah keuangannya kepada Anda dan tidak pernah melihat sesuatu yang positif, pasti bisa memengaruhi Anda.

Sebaiknya cegah jangan sampai Anda juga menjadi seorang pengeluh seperti mereka. Dekatilah orang-orang yang selalu berpikir positif dan punya pandangan yang maju, khususnya dalam hal keuangan.

7.  Melibatkan diri dengan MLM yang menjanjikan kekayaan

Saat ini banyak sekali MLM yang bisa ditemui, kebanyakan menjanjikan kekayaan dan uanng berlipat. Usahakan jangan mudah terpengaruh, sudah banyak kejadian orang ikut MLM, (apalagi MLM baru yang diragukan kredibilitasnya) justru merugi dan kehilangan banyak uang.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.