Sukses

Rupiah Masuk Daftar 15 Uang Terkeren Dunia

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan uang rupiah baru hari ini. Uang rupiah dinilai punya sistem keamanan yang termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Selain itu, desain uang rupiah juga masuk dalam daftar uang terkeren di dunia. 

Dolar dan euro bisa jadi menjadi mata uang paling kuat di dunia berdasarkan nilai. Namun, negara-negara lain unggul urusan desain uang kertas.

Salah satunya adalah Indonesia, yang ternyata adalah salah satu negara dengan memiliki desain uang kertas yang terbaik. Selain itu juga ada negara seperti Uni Emirat Arab, Honduras, juga Qatar dan negara lainnya.

Situs berita Inggris, Telegraph, merangkum 15 uang kertas dengan desain uang tercantik di seluruh dunia. Salah satunya adalah dari Indonesia? Pecahan berapa?

Berikut daftar uang kertas dengan desain terbaik di dunia menurut Telegraph yang ditulis Senin (19/12/2016):

 

Tenge Kazakhstan

Uang pecahan 10.000 tenge Kazakshtan yang beredar di 2003 bergambar macan tutul dengan latar belakang gunung.


Rand, Afrika Selatan

Setiap pecahan dari mata uang rand Afrika Selatan menggambarkan binatang seperti badak, bison, gajah, harimau, juga singa.

 

Dolar New Zealand

Pecahan 5 dolar yang beredar di 1999 ini menggambarkan hoiho, atau penguin bermata kuning khas Selandia Batu dan juga bunga Lili kuning.

 

2 dari 5 halaman

Franc, Polynesia Prancis

Franc, Polynesia, Prancis

 

Uang Franc pecahan 500 yang kaya warna bergambar orang, flora dan fauna dari pulau itu.


Colon, Kosta Rika

Colon yang diberinama dari nama Christopher Columbus, atau dikenal dengan nama Crsitobal Colon dalam bahasa Spanyol, adalah mata uang Kosta Rika. Uang pecahan 2.000 colon ini menggambarkan bat karang, hiu dan bintang laut.


Ringgit, Malaysia

Uang ringgit yang beredar di 2012 bergambar bunga khas Negeri Jiran, hibiscus.

3 dari 5 halaman

Shilling, Tanzania


Shilling, Tanzania

Gambar uang shilling pecahan 5.000 menggambarkan badak hitam dan tambang emas Geita.

Rupiah, Indonesia

Uang pecahan 10.000 yang bergambar rumah tradisional Palembang, Sumatera Selatan, rumah Limas.


Dolar Kanada

Pecahan 5 dolar yang bergambar anak-anak sedang bermain hoki.

 

4 dari 5 halaman

Riyal, Qatar


Riyal, Qatar

Pecahan 1 riyal Qatar yang bergambar burung-burung.

Pound, Mesir

Semua pecahan uang kertas Mesir bertuliskan tulisan dan angka Arab Timur pada satu sisi, dan tulisan Inggris dan angka Arab Hindu pada sisi lainnya.


Uni Emirat Arab

Uang pecahan 100 dirham bergambar hologram elang untuk mencegah pemalsuan, Uang ini juga memiliki gambar World Trade Center di Dubai.

 


Dolar, Bahamas

Bagian belakang uang pecahan 1 dolar Bahama menggambarkan Royal Bahamas Police Force Band, semacam marching band kepolisian negara tersebut.


Lempira, Honduras

Lempira diperkenalkan di 1931, dan diberinama sama dengan penguasa abad 16 yang memimpin perlawanan Spanyol.


Naira, Nigeria

Uang kertas pecahan ini juga masuk dalam daftar uang kertas terindah di dunia.

 

5 dari 5 halaman

Uang Rupiah Baru

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan uang rupiah baru dengan tahun emisi 2016 di Gedung Bank Indonesia pada hari ini. Dalam pelucurannyan Jokowi meminta kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaannya terhadap rupiah.

Menurut Jokowi, dengan mencintai rupiah, maka menjadi wujud kecintaan masyarakat terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa. Untuk itu, dia meminta agar masyarakat menjaga dan tidak menghina rupiah.

"Dan saya rasa penting, kalau kita cinta rupiah, kita tidak menyebar gosip aneh-aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Karena menghina rupiah sama saja menghina Indoensia. Rupiah tidak akan digantilan dan tidak akan tergantikan," kata Jokowi.

Uang rupiah baru yang diluncurkan tersebut terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. uang rupiah baru ini akan menampilkan 12 gambar pahlawan nasional.

Uang rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.