Sukses

Ambil Beberapa Menit dari Jam Istirahat untuk Tidur Siang Sejenak

Ternyata mengambil waktu selama beberapa menit untuk tidur siang saat jam istirahat sangat ideal dan bermanfaat bagi para pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, setiap orang memiliki jam tidur normal sekitar 7-8 jam setiap harinya. Namun karena kesibukan di tempat kerja, banyak di antara mereka yang memiliki jam tidur kurang pada malam harinya sehingga membuat tubuh lemas dan lesu di siang hari. Hal ini bisa mengakibatkan produktivitas serta semangat kerja menurun.

Sebagai pekerja, pasti Anda pernah tertidur di meja kerja saat jam istirahat. Tidak perlu khawatir, Anda tidak sendiri yang pernah tertidur saat jam istirahat.

Ternyata mengambil beberapa menit untuk tidur siang saat jam makan siang sangat ideal dan bermanfaat bagi para pekerja. Berikut ini beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari tidur siang seperti dikutip dari Karir.com.

Mengembalikan mood dan konsentrasi

Sebagian besar pekerja pasti pernah mengalami kesulitan tidur di malam hari akibat banyak aktivitas di siang hari atau bahkan lembur bekerja. Untuk mengakali keesokan harinya, banyak yang memilih meminum kopi untuk mengembalikan mood dan konsentrasi yang hilang.

Padahal, mengonsumsi kopi memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Ada baiknya Anda mengambil beberapa menit dari jam makan istirahat untuk tidur siang demi mengembalikan mood dan konsentrasi. Bukan hanya itu, tidur siang juga mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas setelahnya.

Tekanan darah kembali stabil

Kesibukan kerja yang bertubi-tubi dan tingkat stres yang tinggi bisa mengakibatkan kelelahan dan terganggunya psikis seseorang. Hal ini menyebabkan tekanan darah terganggu.

Oleh karena itu, mengambil keputusan untuk tidur siang beberapa menit saat jam istirahat adalah pilihan yang tepat. Ternyata, dengan tidur siang dapat membantu dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

sakit jantung

Mengurangi risiko sakit jantung dan stroke

Selain membantu dan menjaga tekanan darah, tidur siang juga bisa mengurangi dampak dari risiko terkena sakit jantung. Anda hanya cukup mengambil waktu sekitar 20 sampai 40 menit dari jam istirahat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Selain mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, tidur siang juga bisa meningkatkan sistem metabolisme, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan daya ingat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.