Sukses

Jokowi: Layanan Bank BUMN Sudah Kalahkan Asing

Jokowi mengingatkan bahwa BLU dibuat bukan untuk semata-mata mencari keuntungan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku pelayanan bank BUMN saat ini sudah berkembang cukup baik. Bahkan Jokowi menyebut pelayanan bank BUMN sudah mengalahkan pelayanan bank swasta dan bank asing.

Pelayanan perbankan plat merah ini juga dijadikan contoh oleh Jokowi dalam meningkatkan pelayanan pada Badan Layanan Umum (BLU) yang dikelola oleh masing-masing instansi pemerintahan.

"Saya ingat tahun tahun 70-an bank-bank BUMN kita kualitasnya kalau dibandingkan dengan bank-bank swasta apalagi bank-bank asing jauh sekali. Tetapi dengan kompetisi dan keterbukaan yang ada, sekarang kita lihat bank BUMN kita justru memenangi persaingan itu," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/11/2016).

‎Jokowi juga menegaskan, dalam Rapat Koordinasi BLU di Istana tersebut untuk kinerja bukan diukur dari aspek teknis, seperti laporan keuangan dan laporan pertanggungjawaban. Justru tujuan akhir adalah kepuasan masyarakat akan pelayanan BLU tersebut.

‎Meski Jokowi memberikan contoh pelayanan publik di perusahaan, namun Jokowi mengingatkan bahwa BLU dibuat bukan untuk semata-mata mencari keuntungan. Karena jika hanya mencari keuntungan, dipastikan Jokowi fungsi peningkatan pelayanan tidak akan berjalan.

‎"Keseimbangan ini yang harus betul-betul dijalankan, dengan demikian perubahan BLU diharapkan bukan hanya akan membuat layanan pada masyarakat menjadi baik tapi juga tetap menjaga tanggung jawab publik dengan tarif yang terjangkau oleh rakyat, tarif yang terjangkau oleh masyarakat," tutup dia. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini