Sukses

Sofjan Wanandi: Semua Lagi Pusing dengan AS

Amerika Serikat dengan ekonomi terbesar sehingga kebijakan pemerintah AS dapat mempengaruhi ekonomi global.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi mengaku, seluruh negara saat ini sedang memantau perkembangan situasi di Amerika Serikat (AS), termasuk Indonesia. Utamanya menyoroti arah kebijakan Presiden AS terpilih Donald Trump.

"AS negara dengan ekonomi terbesar, jadi kita mesti lihat dalam satu sampai dua bulan ini apa yang mereka lakukan. Semua lagi pusing dengan AS," ucap Sofjan di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (11/11/2016).

Mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) itu mengaku, apabila Donald Trump merealisasikan janji-janji kampanyenya, maka hal ini akan berdampak bagi seluruh negara, termasuk Indonesia.

"Kita bisa kena buntutnya. Apa yang tiap-tiap negara akan lakukan menghadapi keputusan Trump yang sekarang belum berkuasa. Tapi sudah ada indikasi siapa menteri, pejabatnya. Kalau dia jalankan setengah saja dari yang diomongin, kita akan pusing," jelas dia.

Terpisah, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebelumnya mengatakan, setiap kebijakan yang diambil oleh AS sebagai negara dengan perekonomian terbesar akan berpengaruh terhadap negara lain.

"Karena AS adalah negara ekonomi terbesar, apapun yang dilakukan, diputuskan di sana, bahkan pernyataannya akan mempengaruhi. Jadi kita akan terus memberi keyakinan mengenai pondasi ekonomi kita," ujar Sri.
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini