Sukses

Harga Tiket Kereta Api Jarak Jauh Turun‎, Cek Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menurunkan harga tiket beberapa kereta api jarak jauh‎. Penurunan ini karena perubahan kelas kereta yang digunakan.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo menjelaskan perubahan kelas kereta ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada penumpang jasa kereta api dan demi efisiensi perusahaan.

"Jadi untuk keberangkatan KA di wilayah Daop 1 Jakarta, beberapa perjalanan KA diubah susunan rangkaiannya," kata Sapto dalam keterangan tertulis, Senin (17/10/2016).

Adapun kereta yang mengalami perubahan kelas rangkaian dan otomatis mengalami penurunan harga yaitu :

1. Mulai 15 Oktober 2016 perjalanan KA Senja Utama Yogya dan Fajar Utama Yogya dengan tujuan Pasar Senen - Yogyakarta PP, yang semulannya menggunakan sarana Kereta Ekonomi New Image menjadi Kereta Bisnis.

2. Mulai 18 Oktober 2016 perjalanan KA Cirebon Ekspres tujuan Gambir - Cirebon PP dan KA Tegal Bahari tujuan Gambir - Tegal PP, yang semulanya menggunakan sarana Kereta Bisnis menjadi Kereta Ekonomi New Image.

3. Mulai 25 Oktober 2016 perjalanan KA Argo Parahyangan tujuan Gambir - Bandung PP, yang semula menggunakan sarana Kereta Bisnis menjadi Kereta Ekonomi New Image.

2 dari 2 halaman

Pengembalian Tiket

Bagi penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tiga kereta tersebut dengan harga lama, KAI memberikan kebijakan pengembalian uang yang bisa dilakukan para penumpang di stasiun kedatangan masing-masing.

Adapun rincian pengembalian sebagai berikut:

a. KA Cirebon Ekspres relasi Gambir-Cirebon PP, kelas Bisnis menjadi Ekonomi AC, pengembalian 50 persen dari harga tiket.
b. KA Tegal Ekspres relasi Gambir-Tegal PP, kelas Bisnis menjadi Ekonomi AC, pengembalian 50 persen dari harga tiket.
c. KA Argo Parahyangan, relasi Gambir-Bandung PP, kelas Bisnis menjadi Ekonomi AC, pengembalian Rp 20.000.

"Saat pengembalian, penumpang harus dapat menyerahkan tiket atau boarding pass kepada petugas yang melayani proses pengembalian," tambah Sapto.

Mulai Juni 2016 PT KAI Daop 1 Jakarta menerapkan sistem check-in dan boarding pass di stasiun di wilayahnya.

Dengan sistem baru ini, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dan telah memiliki kode booking, serta penumpang yang telah mencetak tiket selanjutnya melakukan check in pada mesin check in mandiri yang ada di stasiun.

Proses check in dimulai dua belas jam sampai sepuluh menit sebelum jadwal keberangkatan KA. Diharapkan pemberlakuan sistem check in dan boarding akan semakin meningkatkan ketertiban dan keamanan, kenyamanan pengguna jasa kereta api. (Yas/Ahm)

Video Populer Bisnis

Tutup Video