Sukses

Pikirkan 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kerja Freelance

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai pekerja lepas

Liputan6.com, Jakarta- Kerja lepas atau freelance memang memiliki kelebihan atau keuntungan yang menggiurkan, salah satunya adalah waktu bekerja yang sangat fleksibel. Namun, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan untuk bekerja secara lepas ini.

Nah, apa saja yang harus dipertimbangkan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari karir.com, Selasa (27/9/2016)

Sudah siap bekerja sampai larut malam?

Pertimbangkan terlebih dahulu, waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Apakah Anda sanggup menyelesaikan pekerjaan yang datangnya tiba-tiba?

Karena saat masih menjadi pekerja kantoran, waktu kerja yang diberikan sudah pasti yaitu delapan jam, sementara saat Anda memutuskan untuk menjadi freelancer, kapanpun dibutuhkan Anda harus siap. (Baca juga: Ini Rahasia Sukses CEO Dunia)

Sudah memiliki dana simpanan yang cukup?

Jika Anda sudah yakin untuk mengakhiri profesi sebagai pekerja kantoran dan mulai bekerja sebagai pekerja lepas, ada baiknya Anda memperkirakan seberapa lama sisa tabungan Anda akan bertahan, minimal untuk enam bulan ke depan.

Apakah Anda sudah siap? Hal ini diperlukan agar ke depannya saat Anda sudah benar-benar menjadi pekerja lepas tidak akan merepotkan berbagai pihak.

Jadi, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, keuangan adalah hal yang sangat krusial untuk menjadi bahan pertimbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah minta restu orang terdekat?

Sudah minta restu orang terdekat?

Setiap orang tua tentunya memiliki pandangan yang berbeda-beda demi kebaikan anaknya. Jika Anda masih sendiri dan memiliki kewajiban terhadap orang tua, restu orang tua menjadi faktor wajib yang tidak boleh Anda abaikan.

Dan jika sudah memiliki pasangan, mintalah izin pada pasangan. Karena pada mereka lah kita bisa meminta bantuan saat ada kesulitan yang menghadang di kemudian hari. (Baca juga: Ingin Gaji Besar? Berkarirlah di Salah Satu dari 4 Industri Ini)

Sudah yakin bisa mengatur waktu dengan baik?

Nah, untuk Anda yang menjadi pekerja lepas setelah pekerjaan kantor selesai, apakah sudah siap membagi waktu dengan baik dan tepat? Jangan sampai karena keinginan memiliki uang tambahan, kinerja Anda di kantor jadi menurun.
Sudah memiliki rencana cadangan?

Tidak semua rencana berjalan mulus seperti apa yang kita harapkan, dan jalan keluar untuk mengatasinya adalah memiliki rencana alternatif. Jadi, saat rencana A gagal, Anda bisa melakukan rencana B hingga seterusnya. Ini juga salah satu hal penting yang diperhatikan saat memutuskan menjadi seorang pekerja lepas/freelancer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini