Sukses

Takut Salah Pilih Saat Berkarier? Lakukan Dulu 5 Hal Ini

Dalam membuat,dan menyusun dalam pemetaan karier kelak, Anda harus mengetahui beberapa hal mengenai diri sendiri terlebih dahulu

Liputan6.com, Jakarta Menentukan jalur karier sangat penting halnya sebagai langkah untuk menentukan masa depan Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memulai membuat rancangan dalam memetakan karier sesuai potensi yang ada di dalam diri agar tidak salah passion.

Dalam membuat, menentukan, dan menyusun dalam pemetaan karier kelak, Anda harus mengetahui beberapa hal mengenai diri sendiri terlebih dahulu.

Apa saja? Melansir laman karir.com, Senin (11/9/2016) berikut langkah-langkahnya:

Kenali diri Anda terlebih dahulu

Banyak orang yang masih belum tahu apa karier yang tepat untuk mereka. Dalam menentukan karier masa depan, penting untuk mengenal diri atau self assessment.

Dalam langkah mengenali diri sendiri tentunya seseorang harus bisa menganalisa dirinya, mulai dari cara bersosialisasi ketertarikan, keterampilan, dan kepribadian.

Cari tahu keahlian dalam diri

Cara menemukan karier yang cocok dan sesuai dengan passion adalah dengan cara mengetahui keahlian dari dalam diri terlebih dahulu.

Mengetahui bakat sangatlah mudah, tentunya Anda tau apa yang paling Anda sukai dan fokus dengan hal tersebut. Misal, Anda suka sekali dengan menulis, fokus dan kembangkan terus keahlian menulis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temukan minat

Temukan minat

Hal terpenting lainnya untuk menemukan karier agar tidak salah passion yaitu menemukan minat. Caranya, Anda bisa mengikuti tes minat di karir.com. Tes minat ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan, jenis pekerjaan apa yang cocok yang sesuai dengan bakat serta minatmu.

Tes minat yang ada di karir.com adalah tes yang dikembangkan oleh Layanan Psikologis Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasikan area minat dan ketertarikan Anda.

Minat kadang tidak sejalan atau sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pekerjaan orang. Maka tes minat ini berfungsi untuk mengetahui minat yang sebenarnya dan hasil dari tes ini bisa untuk mengaspirasi karier ke depan.

Tuliskan hambatan yang pernah dan sering Anda hadapi

Tidak semua proses dapat berjalan dengan mulus. Menulis hambatan yang sering Anda hadapi menjadi salah satu cara yang bisa menentukan kariermu agar tidak salah passion. Dari menuliskan hambatan, Anda bisa belajar untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari hambatan tersebut.

Siapkan target

Dalam menentukan karier yang cocok, yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menyiapkan target. Siapkan target karier dalam beberapa waktu ke depan dan itu akan memotivasi diri sendiri untuk mencapainya.

Misal: dalam waktu 3 tahun ke depan, Anda ingin menjadi editor di salah satu media dalam perusahaan besar di Indonesia. Hal ini akan memacu Anda untuk mengasah terus keahlian menulis dalam mencapai target masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini