Sukses

Sri Mulyani Ungkap Sebab Penerimaan Pajak 2016 Sulit Tercapai

Menurut Sri Mulyani, ada tiga hal yang menyebabkan penerimaan pajak tahun ini tidak sesuai dengan target pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan penerimaan negara dari sektor perpajakan pada tahun ini tidak akan mencapai target yang ditetapkan pemerintah.

Menurut dia, penerimaan pajak pada 2016 akan lebih rendah Rp 219 triliun dari besar asumsi penerimaan pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 yang sebesar Rp 1.539,2 triliun.

"Atau dalam hal ini 26 persen dari target yang diperkirakan. Jadi sampai dengan akhir tahun Rp 219 triliun lebih rendah," ujar dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Dia mengungkapkan, ada tiga hal yang menyebabkan penerimaan pajak pada tahun ini tidak sesuai dengan target pemerintah. Pertama, pertumbuhan ekonomi nasional yang masih mengalami perlambatan.

"Realisasi di bawah APBNP karena ada beberapa faktor yang menyumbang penerimaan lebih rendah. Pertama, pertumbuhan ekonomi nasional. Pada hari ini BPS keluarkan data dari sisi demand, agregat permintaan dan dari sisi sektoral," kata dia.

Kedua, harga komoditas khususnya yang menjadi andalan ekspor juga belum banyak mengalami perbaikan. Akibatnya penerimaan negara dari sektor tersebut pun ikut turun.

"Harga-harga komoditas yang rendah. Kalau lihat dua tahun terakhir penerimaan pajak dari pertambangan khususnya batu bara, perkebunan khususnya kelapa sawit serta minyak dan gas, pertumbuhan 3 sektor negatif. Pada 2014 -8,1 persen dan pada 2015 -5,8‎ persen. Harga komoditas masih mengalami penurunan meskipun beberapa seperti CPO meningkat sedikit. Harga Komoditas ini berkontribusi pada penerimaan negara Rp 108 triliun sendiri," jelas dia.

Ketiga, faktor ekonomi global yang belum pulih sehingga berpengaruh pada penurunan perdagangan internasional. Menurut Sri Mulyani, hal ini terlihat dari perdagangan internasional hanya mampu tumbuh 2-3 persen saja.

‎Ia menyebutkan, faktor lainnya adalah lingkungan perdagangan internasional. Pertumbuhan dunia selalu revisi menurun, berkali-kali terjadi sejak 2013.

"Tiap ada prediksi, tiga bulan berikutnya selalu direvisi ke bawah. Salah satu penyebab lemahnya pertumbuhan ekonomi dunia adalah perdagangan internasional yang rendah. Sampai hari ini perdagangan internasional masih tumbuh sangat kecil, 2 sampai 3 persen. Bandingkan sebelum krisis, ekspor impor tumbuh double digit. Kinerja ekspor impor di BPS, mengalami negatif growth," tutur Sri Mulyani.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.