Sukses

Mendag Ajak Pelaku Usaha Cari Solusi Stabilkan Harga Pangan

Mendag Enggar akan menggelar pertemuan dengan pemangku kepentingan di sektor perdagangan mulai tingkat produsen, rantai pasok dan pedagang

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan menggelar pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan di sektor perdagangan, meliputi tingkat produsen, rantai pasok dan pedagang. Hal ini dilakukan dalam upaya menekan dan menstabilkan harga bahan pangan.

Enggar mengungkapkan, ‎dalam pertemuan tersebut, dirinya akan melakukan evaluasi terhadap pasokan, harga, keuntungan dan distribusi bahan pangan.

"Para pengusaha akan saya ajak bicara. Latar belakang saya pengusaha sehingga saya bisa berhitung berapa harga bahan pokok, berapa untungnya, berapa margin keuntungannya, berapa risiko, mereka kan ada margin risiko. Nah kalau untungnya kebanyakan, ya kita bilang jangan banyak banyak untungnya. Saya bisa ngitung juga, kalau you nggak sanggup, ada orang lain yang sanggup," ujar dia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Dia menyatakan, rencananya pertemuan tersebut akan dilakukan pada pekan depan. Namun sebelumnya, Enggar harus menghimpun data yang dibutuhkan untuk dibicarakan dalam pertemuan tersebut.

"Ini sudah internal kita dan tim di Kementerian Perdagangan sudah menyampaikan dalam beberapa hari ini ke saya. Kemudian minggu depan seluruh pelaku usaha akan saya ajak bicara, tapi saya permisi dulu dengan menteri-menteri terkait yang lain," kata dia.

Sementara dari sisi internal, lanjut Enggar, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap birokrasi perizinan di dalam kementeriannya. Dengan demikian, diharapkan akan ada semangat yang sama antara pemerintah dengan pelaku usaha untuk menurunkan dan menjaga kestabilan harga pangan.

"Saya percaya ada nasionalisme, mereka bukan hanya sekedar usaha mencari keuntungan. Kalau dari jenjang birokrasi, pemerintah akan kita kurangi, tapi semua harus bisa melihat yang sama," tandas dia. (Dny/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.