Sukses

5 Trik Jitu Kembalikan Semangat Kerja Pasca Liburan

Alih-alih bersemangat, pikiran pasca liburan sering membuat banyak pegawai kurang produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tak terkecuali pegawai yang bekerja. Ketika liburan, mereka bisa bersantai dan menjauhkan diri sejenak dari pekerjaan yang dikerjakan sehari-hari.

Walau begitu, waktu liburan tidak bisa dinikmati selamanya. Ada kalanya ketika mereka harus siap untuk kembali menekuni pekerjaan. Di masa inilah banyak orang sulit beradaptasi. Alih-alih bersemangat, pikiran pasca liburan malah membuat mereka kurang produktif.

Melansir laman Forbes, Senin (11/7/2016) berikut lima hal yang dapat dilakukan agar semangat kerja bisa kembali tinggi setelah liburan panjang:

1. Buat rencana matang

Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat Anda lebih semangat bekerja. Buatlah rencana pekerjaan yang dapat diselesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan.

Dengan begitu, Anda secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerja pun bisa kembali meningkat. Jika punya rencana yang jelas, maka Anda juga memiliki tujuan kerja yang jelas dan hal itulah yang bisa memacu pikiran untuk lebih bersemangat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersosialisasi

2. Ulas kembali pekerjaan

Sisihkan juga sebagian waktu untuk mengulas kembali pekerjaan yang sudah dilakukan sebelum waktu libur tiba. Apa yang sudah Anda kerjakan dan sampai mana kemajuan dari pekerjaan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk menyusun strategi pekerjaan dalam beberapa waktu ke depan.

3. Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan rekan kerja di kantor dapat menghilangkan stres yang sering muncul di hari pertama bekerja setelah libur panjang. Cobalah untuk menceritakan pengalaman unik yang didapat selama liburan. Anda juga bisa bertanya mengenai hal apa saja yang rekan Anda lakukan sepanjang waktu libur.

3 dari 3 halaman

Fokus Prioritas

4. Minta bantuan rekan kerja

Apabila Anda merasa kelelahan untuk bisa mengerjakan beberapa pekerjaan selepas waktu libur, jangan ragu untuk meminta bantuan pada rekan kerja. Dengan begini, pekerjaan yang harus bisa diselesaikan juga dapat terlaksana dengan baik.

5. Fokus pada prioritas

Tidak semua pekerjaan harus Anda selesaikan sekaligus dalam waktu yang sama. Anda pasti memiliki prioritas akan pekerjaan mana yang harus bisa diselesaikan lebih dulu.

Cobalah fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki prioritas lebih penting. Anda dapat membuat waktu menjadi lebih produktif nantinya. (Vna/Ahm)

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini