Sukses

Ingin Sukses Berkarier? Pelajari 5 Hal Ini Sebelum Usia 30

Ada sejumlah persiapan untuk menghadapi perubahan besar di usia 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Saat memasuki usia 30 tahun, Anda akan menghadapi perubahan besar dalam hidup. Mulai dari percintaan, pertemanan dan terutama karier.

Karena itu, sudah jadi kewajiban untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan besar di usia 30 tahun.
Selain itu, mulai sekarang Anda harus mempelajari beberapa hal yang sangat penting untuk urusan karier.

Berikut lima hal yang harus dipelajari mengenai karier sebelum umur Anda mencapai 30 tahun seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (6/6/2016):

1. Cara berbicara dengan senior

Tidak bisa dimungkiri, dalam karier masih ada yang namanya senioritas. Yup, berbicara dengan orang yang lebih senior di kantor merupakan keahlian yang perlu Anda pelajari. Terutama bila Anda anak baru di kantor atau di divisimu. Anda pun perlu belajar banyak kepada orang yang lebih senior.


Untuk itu, latih kemampuan berbicara dengan sopan namun tetap santai sehingga para senior bisa merasa cocok denganmu. Apabila sudah berteman, maka banyak hal yang bisa dipelajari dari seniormu. Bahkan, Anda bisa juga sharing mengenai masalah kantor bahkan kehidupan pribadi sekalipun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapi Kritik

2. Menanggapi kritik

Sebelum usia 30 tahun ada baiknya belajar menanggapi kritik dengan bijak. Jangan sampai, kritik yang sebenarnya bisa membangun justru Anda tanggapi dengan kekanak-kanakan.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk menjadi orang yang terbuka terhadap kritik. Siapapun yang mengkritik Anda, terima dan saringlah opini tersebut.

Apabila memang ada yang perlu diperbaiki dari dirimu, segera perbaiki. Namun, kalaupun belum setuju Anda bisa mengatakannya dengan bijak seperti "Aku akan memikirkannya, aku sangat mengapresiasi pendapatmu, kawan".

3. Cara negosiasi gaji

Percayalah, di usia 30 tahun Anda akan mengalami lonjakan karier. Karena di usia ini secara pengalaman Anda sudah matang, secara kemampuan tentu tidak lagi sama seperti lulusan baru. Maka dari itu, sudah sepantasnya Anda mendapatkan bayaran lebih dibandingkan saat ini.

Jadi, belajarlah cara menegosiasi gaji. Hal penting yang perlu diingat dalam negosiasi adalah percaya diri. Ungkapkan berbagai kemampuan dan ide-ide hebat milikmu untuk memberikan kontribusi pada perusahaan. Tetapi ingat, jangan menjadi arogan.

Gunakan kalimat yang halus seperti "Saya harap Anda dapat memenuhi angka yang telah disebutkan sebelumnya".

3 dari 3 halaman

Berani Bertindak

4. Keahlian memimpin meeting

Di usia 30an, biasanya Anda memiliki posisi cukup baik di kantor. Minimal sebagai supervisor. Untuk itu sudah jadi kewajiban memiliki kemampuan mengadakan meeting dengan baik. Buatlah meeting terasa nyaman dan mengalir, namun tetap dalam satu jalur pembahasan.

Hal ini sangat berguna, karena tingkat efektifitas dari pertemuan yang diadakan bergantung pada waktu dan pembahasan. Belajar untuk memulai dan mengakhiri meeting tepat waktu, serta pastikan poin pembahasan yang diinginkan dapat diselesaikan dengan baik.

5. Berani bertindak dan menyampaikan hal besar

Beberapa hal berat seringkali sulit untuk dikatakan. Yang dimaksud hal besar dalam karier adalah seperti pengunduran diri, pemecatan bawahan, dan berbagai hal lainnya. Ketika keputusan sudah diambil, mau tidak mau dan sesegera mungkin harus segera mengambil tindakan.

So, Anda harus belajar bertindak cepat dan berani untuk membicarakan hal-hal yang bersifat sensitif dan berat ini. Misalnya, ketika ingin mengundurkan diri maka Anda harus mengatakannya secara profesional.

Anda bisa berkata "Sebenarnya saya sangat nyaman dengan pekerjaan saya saat ini. Namun, untuk mendapatkan tantangan yang lebih lagi dan ingin mengembangkan diri, saya memutuskan untuk keluar. Semoga perusahaan dapat meraih kesuksesan di masa yang akan datang". (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini