Sukses

Perdalam Pasar Modal di RI, Begini Cara OJK

Perdalam pasar modal demi mendukung, menggerakkan, memperkuat ekonomi nasional serta agar bisa bersaing di tingkat global.

Liputan6.com, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya memperdalam pasar modal di Indonesia. Langkah ini demi mendukung, menggerakkan, memperkuat ekonomi nasional serta agar bisa bersaing di tingkat global.

Anggota Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan ada beberapa langkah yang diambil lembaganya  untuk mencapai hal itu. Yakni dengan peningkatan supply dan demand, penguatan infrastruktur pasar modal, serta meningkatkan tata kelola yang baik.
 
"Ada sejumlah program yang kami jalankan, di antaranya mempermudah perusahaan listing di pasar modal dan mengembangkan pasar berbagai produk keuangan, seperti reksa dana dan sebagainya," ujar dia saat berdiskusi dengan media di Bandung, Sabtu (16/4/2016).

Peningkatan supply antara lain, dengan menambah produk emiten dan pasar modal seperti pengembangan reksa dana.

Sementara dari sisi demand antara lain dengan perluasan distribusi reksa dana. Caranya dengan pengembangan agen penjualan efek reksa dana, sosialisasi dan edukasi dan lainnya.

Penguatan infrastruktur antara lain dengan meningkatkan efektifitas pengawasan dan monitoring regulator, pengembangan penggunaan single investor identification (SID) investor reksa dana.

Terakhir dari sisi tata kelola, dengan peningkatan kualitas penerapan good corporate governance di pasar modal.

Saat ini, Nurhaida mengaku berbagai kondisi membuat kondisi pasar kurang maksimal. Mulai dari kondisi perekonomian nasional yang belum pulih.

Demikian pula kondisi ekonomi global, seperti anjloknya harga komoditas yang membuat banyak perusahaan masih menunggu untuk masuk ke pasar modal.

Selain itu, beberapa program pemerintah yang belum memberikan dampak karena baru dicanangkan, yang hasilnya baru terlihat di 2017.

"Saya melihat ini menjadi satu kesatuan mulai dari kondisi global, domestik. Jadi ini buat emiten masih menunggu," papar dia.

Untuk mengatasi itu, OJK bersama Bursa Efek Indonesia melakukan pendekatan ke berbagai perusahaan yang ingin masuk bursa. Cara ini, diharapkan bisa menarik minat perusahaan melantai di bursa.

"Seperti melakukan pendekatan kepada Kadin agar para anggotanya bisa segera masuk ke bursa," jelas Nurhaida.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

Video Terkini