Sukses

Presiden Resmi Lantik Soetrisno Bachir Sebagai Ketua KEIN

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Soetrisno Bachir sebagai Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/1/2016). ‎

Pantauan Liputan6.com, setibanya di lokasi pelantikan, Jokowi yang datang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla ‎langsung mengambil tempat di depan Ketua KEIN dan para anggota yang akan diambil sumpahnya.

Sebelum acara pengambilan sumpah, terlebih dahulu dibacakan Surat Keputusan Presiden Tahun 2016 Nomor 12 tanggal 19 Januari 2016 tentang Pengangkatan Ketua dan Angota KEIN oleh Deputi Kementerian Aparatur Kementerian Sekretaris Negara. ‎

‎Setelah Keppres dibacakan, Jokowi kemudian mengambil sumpah Ketua dan Anggota KEIN. "Apakah sudah bersedia untuk diambil sumpahnya?" tanya Jokowi.

"Bersedia..," jawab Soetrisno beserta Anggota KEIN. ‎

Dalam sumpahnya, Soetrisno m‎enyatakan siap menjalankan tugas sebagai Ketua KEIN dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, dia bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah/demi Tuhan saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap Soetrisno mengikuti sumpah yang disampaikan Jokowi.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menandatangani berita acara yang disaksikan oleh para menteri Kabinet Kerja dan peserta lainnya.

Dalam upacara pelantikan yang dimulai pukul 09.45 WIB, hadir para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Panglima TNI, para pimpinan DPR, DPD, dan MPR serta para perwira tinggi di jajaran TNI maupun Polri.

Setelah proses pelantikan usai, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat, dan tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada Soetrisno. ‎

‎Berikut susunan Komite Ekonomi dan Industri Nasional yang dilantik:

Ketua: Soetrisno Bachir
Wakil Ketua: Arif Budimanta
Sekretaris: Putri Wardani

Anggota:
1. Hendri Saparini
2. Hariyadi Sukamdani
3. Eddy Sariaatmadja
4. Sudhamek
5. Johnny Darmawan
6. Benny Soetrisno
7. Mohamad Fadhil Hasan
8. Benny Pasaribu
9. Sonny Budi Harsono
10. Aries Muftie
11. Muhammad Syafii Antonio
12. M Najikh
13. Andri BS Sudibyo
14. Zulnahar Usman
15. Irfan Wahid
16. Donny Oskaria
17. Sugiarto Alim

(Luq/Nrm)

Loading