Sukses

5 Langkah untuk Meniti Karier Saat Usia 20 Tahun

Semakin Anda mengembangkan keterampilan saat mulai berkarier dapat beri keuntungan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Usia 20 tahun adalah waktu pas untuk memulai karier karena itu banyak lulusan baru memiliki pemikiran mereka membutuhkan pekerjaan.

Penulis buku Manager 3.0: A Millenial's Guide to Rewriting the Rules of Management Courtney Templin menuturkan, para pekerja muda juga perlu untuk mulai menciptakan dasar kuat dan mengasah keahliaan profesional.

"Pada tahap pertama dari karier Anda dengan membangun keterampilan yang luas. Keterampilan itu mulai dari soft skill, kemampuan komunikasi, keterampilan interpersonal. Semakin cepat Anda mengembangkan ini, semakin cepat Anda dapat meningkatkan karier," ujar Templin.

Seperti dilansir dari time.com, Kamis (28/1/2016) terdapat lima langkah menjadi karyawan junior yang sukses.

1. Tujuan yang jelas

Ketika Anda memulai pekerjaan, Anda harus mempunyai tujuan dalam bekerja. Anda juga harus mempunyai strategi dalam berkarier Anda. Buatlah daftar yang mencakup pekerjaan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas.

2. Pelajari klien Anda

Jika dalam pekerjaan Anda, lebih banyak berkomunikasi dengan pelanggan. Anda harus memiliki kemampuan untuk mengetahui kebutuhan mereka, Anda juga harus mempunyai nilai positif sebagai karyawan. Karena jika Anda memiliki sikap dan sifat yang baik, banyak pelanggan dan atasan yang suka kinerja Anda.

3. Membangun hubungan internal

Pelajari bagaimana seluruh rekan kerja Anda bekerja. Anda dapat meniru kinerja baik dari rekan kerja. Setelah itu, tunjukkan minat yang tulus dalam bekerja. Ajak rekan kerja Anda untuk makan siang bersama, karena Anda harus pintar membina hubungan dengan rekan kerja.

4. Cari konsultan

Jika Anda ditawarkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian, Anda dapat mencari seorang konsultan untuk membantu Anda memperluas jaringan dan mengembangkan keterampilan baru. Namun, Anda juga harus waspada untuk membatasi diri.

5. Bergabung dan berkumpul

Sebagai anak baru Anda harus mau bergabung dengan rekan kerja Anda, karena akan ada banyak kesempatan untuk masuk ke dalam jaringan. Bergabung dengan banyak rekan kerja juga akan meningkatkan informasi yang didapatkan untuk Anda. (Apr/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini