Sukses

Persiapan Masuk Dunia Kerja Bagi Lulusan Baru

Untuk Anda mahasiswa ini hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkan diri memulai karir Anda kedepannya.

Liputan6.com, Jakarta Lulusan baru dari Universitas di Indonesia bertambah setiap tahunnya. Anda harus bisa menantang dan memanfaatkan peluang yang ada agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Dilansir dari toronto.com, Kamis (11/6/2015), persiapan masuk kerja sebaiknya dimulai sejak masa kuliah, seperti mengunjungi job fair di tahun awal masa kuliah. Tidak perlu jauh-jauh, Anda cukup menghadiri job fair yang diadakan di kampus Anda.

Kebanyakan mahasiswa menunggu hingga akhir masa studi untuk memutuskan langkah karirnya. Anda seharusnya bisa mendeteksi lebih awal jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan Anda sehingga Anda dapat mengembangkan skill Anda pada bidang kerja yang ingin Anda masuki. Anda juga dapat memperkirakan bagaimana kompetisi yang terjadi pada pasar kerja saat ini.

Mengunjungi Job Fair di tahun awal studi Anda, bertujuan untuk mengembangkan keterampilan yang Anda miliki. Meski belum memiliki kualifikasi cukup untuk melamar pekerjaan, Anda boleh bertanya pada bagian HRD perusahaan tentang kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan perusahaan. Anda juga dapat belajar berpikir kristis dan melatih kemampuan komunikasi. Hal ini merupakan beberapa hal yang dibutuhkan dalam mencari kerja nantinya.

Jika Anda telah melakukan survey singkat tentang bidang kerja Anda pada Job fair, Anda dapat dengan mudah menentukan keterampilan seperti apa yang mendukung pekerjaan tersebut dan Anda dapat memulai dari sekarang untuk mengembangkan skill tersebut. "Ketika memilih kursus, mengajar privat, bergabung dengan LSM, dan banyak aktivitas lainnya di luar kampus, Anda akan mempertimbangkan apakah aktivitas ini dapat menunjang bidang kerja Anda" ujar Robinson selaku Wakil Presiden Senat Trent University di Peterborough, Inggris.

Persiapan sedini mungkin akan memudahkan Anda untuk mendapatkan karir yang cemerlang. Pada tahun ke-4 Anda akan siap untuk memulai pencarian kerja Anda, Anda juga sudah terampil dalam berkomunikasi dengan pihak perusahaan. Begitu juga dalam hal pembuatan resume, surat lamaran, dan kebutuhan lain yang juga telah Anda kuasai karena telah memulai perencanaan karir di awal tahun masa studi Anda di kampus. (Mit)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.