Sukses

Pekerja Generasi Y Dominasi Dunia Kerja di Dalam Negeri

Generasi Y dinilai memiliki karakteristik unik yang sangat akrab dengan internet dan tak takut perubahan.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kerja saat ini setidaknya diisi oleh dua kelompok generasi yang disebut dengan generasi X dengan rentang usia 34 tahun ke atas dan generasi Y dengan rentang usai 34 tahun ke bawah.

CEO Karir.com Dino Martin mengatakan, saat ini dunia kerja dipenuhi oleh talenta dari generasi Y atau generasi yang lahir pada periode 1980-an hingga 1990-an. Generasi Y ini memiliki karakteristik yang unik karena tumbuh di tengah hiruk pikuk perkembangan teknologi nirkabel.

Dia menjelaskan, generasi ini yang sangat akrab dengan internet dan media sosial ini tidak takut terhadap perubahan, namun tidak sabar melalui proses menuju perubahan itu sendiri. Generasi Y ini merupakan angkatan kerja yang produktif, generasi andalan, penuh kejutan dan ide-ide brilian.

"Mau tidak mau, suka atau tidak, generasi Y kini makin mendominasi dunia kerja. Generasi ini menjadi SDM yang dibutuhkan perusahaan, bahkan seringkali menjadi andalan dan tulang punggung," ujar dia di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Selain generasi Y, ada juga yang disebut dengan generasi X yaitu generasi yang lahir pada periode 1965-1980. Generasi ini dikenal memiliki karakteristik yang mampu beradaptasi, mampu menerima perubahan dengan baik, dan dikatakan generasi yang tangguh serta memiliki karakter mandiri, loyal serta pekerja keras.

Data dari Karir.com menyebutkan, generasi X dengan jumlah pengguna fitur Karir.com sebanyak 1.448 orang, yang menyandang gelar S1 tercatat sebanyak 64 persen, dan tersebar dalam berbagai proporsi jabatan seperti departemen manager 23 persen, senior staf 18 persen dan supervisor 17 persen.

Sedangkan untuk generasi Y dengan jumlah pengguna fitur Karir.com sebanyak 5.273 orang, sebanyak 65 persen tercatat mengantongi gelar S1, meski 51 persen diantara total jumlah pengguna fitur masih berada pada entry level. Sedangkan untuk level senior staf sebesar 22 persen dan supervisor sebanyak 13 persen.

"Dalam lingkup kerja, mereka (generasi Y) jelas memiliki karakter yang berbeda dari generasi pendahulunya. Untuk itu, mau tidak mau perusahaan perlu melakukan penyesuaian agar bisa mengoptimalkan SDM yang kian oleh generasi Y," kata dia.

Sementara jika dilihat dari sisi industri, karakter generasi Y dianggap sangat sesuai untuk sektor industri teknologi infomasi dan komputer, pendidikan, ritel dan komunikasi. Hal ini lantaran generasi Y terlihat unggul pada pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi Y juga lebih kritis, terampil dalam hal komunikasi, cerdas dalam menggunakan teknologi dan piawai dalam kerja tim. Ini menjadi nilai tambah positif untuk sektor-sektor tersebut.

"Tenaga kerja dalam kelompok generasi X direkomendasikan perlu memiliki strategi perencanaan pengembangan karir yang lebih baik dan lebih jeli melihat peluang untuk dapat bersaing. Sementara generasi Y disarankan dapat beradaptasi dengan lebih baik dan membangun karir secara lebih berkualitas dalam jangka yang lebih panjang sehingga dapat bersaing secara sehat dengan generasi yang lebih senior," tandas Dino.

Sebagai informasi, Karir.com merupakan pelopor portal karir lokal yang telah berdiri sejak 1999. Setelah memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun, Karir.com telah melayani tidak kurang dari 41 ribu perusahaan, 1,4 juta pencari kerja di Indonesia dengan pertumbuhan sekitar 20 persen per bulan. Selain itu, Karir.com juga menyediakan rata-rata 8.000 lowongan kerja setiap bulannya. (Dny/Ahm)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini