Sukses

Pelemahan Rupiah Pukul Industri Kecil dan Menengah

IKM juga masih harus dihadapkan dengan menurunnya daya beli masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan ekonomi dan terpuruknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) memukul para pelaku usaha di industri kecil dan menengah (IKM).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Nina Tursina mengatakan, anjloknya nilai tukar rupiah ini membuat harga produk buatan dalam negeri meningkat sehingga semakin sulit bersaing dengan produk sejenis dari negara lain, terutama China.

"Ini kami tambah susah, dampaknya terasa sekali bagi UKM di seluruh Indonesia. Salah satunya harga produk nasional tambah tidak bisa bersaing," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com seperti ditulis Kamis (3/9/2015).

Dia menjelaskan, pelemahan rupiah paling berat dirasakan bagi IKM yang masih mengandalkan bahan baku impor sedangkan pasarnya hanya di dalam negeri. Lantaran harus impor, harga bahan baku mengalami kenaikan sedangkan harga jual produk tidak bisa dinaikan.

"Bagi IKM yang pasarnya di dalam negeri tetapi bahan bakunya dari dalam negeri juga tidak masalah. Atau yang bahan baku impor, tapi juga masih punya pasar ekspor itu bisa tertolong. Tetapi yang bahan bakunya ada yang masih impor kemudian pasarnya di dalam negeri ini yang menjadi masalah, seperti di sektor makan minuman, garmen," jelasnya.

Tak hanya itu, IKM juga masih harus dihadapkan dengan menurunnya daya beli masyarakat. Jika ongkos produksi naik dan harga produk terpaksa dinaikan sedangkan daya beli menurun, hal ini membuat para pelaku IKM sulit untuk bertahan.

"Pasar kita pasar tambah berkurang, karena yang tadinya masyarakat bisa beli, dengan ongkos produksi naik dan lain-lain, masyarakat tidak bisa beli. Misalnya jadinya IKM bisa jual berapa banyak, sekarang berkurang," tandasnya. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.