Sukses

7 BUMN Gelar Pasar Murah di Garut

Masyarakat bisa mendapatkan paket sembako seharga Rp 150 ribu dengan membayarnya di harga Rp50 ribu per paket.

Liputan6.com, Garut - Beberapa perusahaan yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Pasar Murah. Gelaran tersebut ditujukan untuk meringankan beban masyarakat saat puasa dan untuk menyambut Idul Fitri 1436 H.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pasar murah yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke tersebut. Pasalnya, dengan menawarkan harga barang kebutuhan sehari-hari di bawah pasar saat permintaan tinggi maka bisa menekan laju inflasi.

Menurut Jokowi, keberadaan pasar murah akan menstabilkan harga sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga saat harga bahan pokok mengalami kenaikan.

"Langkah yang dilakukan oleh BUMN dari Sabang sampai Merauke ini meringankan beban masyarakat, arahnya ke sana. Sedangkan secara maro bisa menahan inflasi," kata Jokowi saat membuka Pasar Murah BUMN, di Lapangan Komando Resort Militer 062, Garut, Jawa Barat, Minggu (5/7/2015).

Dwi Sotjipto, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), salah satu perusahaan yang turut serta dalam pasar murah tersebut menjelaskan, sekitar 3.500 paket sembako dijual pada gelaran Pasar Murah BUMN yang berlangsung di Garut pada hari ini. Untuk hari berikutnya pasar murah tersebut akan berlangsung di daerah lain dengan jumlah paket sembako yang berbeda pula sesuai dengan kebutuhan.

Masyarakat bisa mendapatkan paket sembako seharga Rp 150 ribu tersebut dengan membayarnya di harga Rp50 ribu per paket. Artinya, perusahaan-perusahaan BUMN yang menggelar pasar murah tersebut memberikan subsidi sebesar Rp 100 ribu per paket.

"Kebutuhan masyarakat cukup banyak, kami dari BUMN menyalurkan sembako murah. Jadi mereka beli dengan diskon luar biasa besar. Pertamina ingin ikut meringankan beban masyarakat," tuturnya.

Pasar Murah BUMN yang berlangsung di Garut kali kali merupakan hasil kerjasama dan sinergi antara Pertamina, PT Semen Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), dan PT Pegadaian.

“Program ini merupakan salah satu wujud sinergi dan kontribusi BUMN dalam memberikan solusi langsung kepada masyarakat di sekitar operasi BUMN. Momentum Ramadan juga saat yang tepat di mana pada bulan yang penuh berkah ini sangat dianjurkan kepada kita untuk lebih banyak berbagi,” tutup Menteri BUMN Rini Soemarno. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini