Sukses

Buah Naga dan Jeruk Ponkam Banyak Diburu Saat Imlek

jeruk asal China ini banyak dicari sebagai buah khas perayaan Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Saat perayaan Imlek atau Tahun Baru China, permintaan akan buah naga dan jeruk ponkam mengalami peningkatan dibandingkan hari normal. Maklum kedua buah ini merupakan buah khas perayaan Imlek. 

"Yang beli makin banyak, mungkin ada peningkatan hampir dua kali lipat dibanding normal. Padahal di daerah sini sedikit yang merayakan, kalau yang di daerah Kota yang banyak etnis Tionghoa-nya mungkin lebih banyak lagi," ujar Sulaiman (43) salah satu pedagang buah di Pasar Buncit, Jakarta Selatan saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (19/2/2015).

Meski mengalami lonjakan permintaan, Sulaiman mengaku tidak menaikan menaikan harga buah naga yang dijualnya. Harga buah naga ini disesuaikan dengan besaran buah naga.

"Harga tidak naik, masih sama saja. Kalau yang besar Rp 10 ribu-Rp 15 ribu per buah, kalau yang kecil Rp 5.000 per buah," lanjutnya.

Selain buah naga, jeruk ponkam juga mengalami permintaan jelang Imlek. Menurut dia, jeruk asal China ini banyak dicari sebagai buah khas perayaan Imlek.

"Mungkin karena khas juga waktu Imlek, mungkin karena asalnya dari China. Tapi peningkatannya nggak sebanyak buah naga. Yang biasanya jual 5 kilogram (kg), hari ini sudah 8 kg. Harganya juga standar, Rp 20 ribu per kg," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini