Sukses

Presiden Resmikan 6 Proyek Bandara di Indonesia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 6 proyek pembangunan dan pengembangan bandar udara di Bandar Udara Kualanamu Deli Serdang

Liputan6.com, Jakarta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan 6 proyek pembangunan dan pengembangan bandar udara, yang dilakukan terpusat di Bandar Udara Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara pada Kamis (27/3/2014) ini.

Proyek yang bersifat pembangunan adalah proyek pembangunan Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang, pembangunan Bandar Udara Muara Bungo Jambi, pembangunan Bandar Udara Pekon Serai, Lampung Barat dan Pembangunan Bandar Udara Pagar Alam, Lahat, Sumatera Selatan.

Sementara itu yang bersifat pengembangan adalah Pengembangan Terminal Baru Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang dan Pengembangan Terminal Baru Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru

Melansir keterangan tertulis Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhun), menyebutkan pembangunan dan pengembangan bandar udara di Indonesia memiliki arti strategis sebagai bagian dari peningkatan penyelenggaraan transportasi di Indonesia.

Dari data diketahui bahwa jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi udara terus mengalami peningkatan.

Sebagai gambaran pada tahun 2011 jumlah penumpang baik domestik maupun internasional tercatat kurang lebih 68.349.000 penumpang dan pada tahun 2012 meningkat 19,04% atau menjadi sebesar 81.359.000 penumpang.

Sementara itu, jumlah penumpang pada tahun 2013 yang berhasil dicatat Kementerian Perhubungan meningkat menjadi 85.176.000 orang.

Sejalan dengan meningkatnya pergerakan manusia, barang dan jasa melalui moda transportasi udara, Kementerian Perhubungan dan semua pihak yang terkait terus melaksanakan pembangunan dan pengembangan infrastruktur bandar udara yang dalam rangka menunjang konektivitas pelaksanaan MP3EI di semua koridor di seluruh tanah air.

Adapun daftar lengkap proyek-proyek bandara tersebut, yakni:

 1.    Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang
 2.    Pengembangan Terminal Baru Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang
 3.    Pengembangan Terminal Baru Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru
 4.    Pembangunan Bandar Udara Muara Bungo, Jambi
 5.    Pembangunan Bandar Udara Pekon Serai, Lampung Barat
 6.    Pembangunan Bandar Udara Pagar Alam, Lahat, Sumatera Selatan


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.