Sukses

One Run 10K 2024 Berikan 1.000 Medali Emas untuk Pelari Tercepat

One Run 10K 2024 mengalami lonjakan jumlah peserta. Akan ada 5.000 pelari yang ikutan.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah sukses besar di tahun 2023, One Run 10K akan kembali digelar pada 26 Mei 2024. Ada yang berbeda pada edisi kedua. Medali untuk pelari yang menyelesaikan lomba bakal dibedakan dua model. 1.000 pelari pertama yang menyentuh garis finis akan menerima medali emas.

One Run 10K 2024 sendiri bakal diikuti 5.000 pelari dengan menawarkan kategori lomba lari 10K dan 5K. Untuk peraih medali emas, akan terbagi 600 peserta di 10K dan 400 untuk kategori 5K. Dari data statistik, peserta tahun ini kembali didominasi pelari pria dan pelari berusia 36 tahun ke atas.

Titik start dimulai Epicentrum Kuningan, mengarah ke Jalan Rasuna Said. Khusus untuk kategori 10K, rute akan menyusuri hingga kawasan Menteng. Juara One Run 10K akan ditentukan dari kelas nasional, master A dan B, serta pelajar. Waktu lari akan dimulai pukul 06.00 WIB untuk kelas 10K dan 06.15 WIB untuk kelas 5K. Running doctor masih dihadirkan dalam One Run 10K tahun ini, untuk mendampingi peserta lari di setiap kategori.

One Run 10K 2024 dimaksudkan pula sebagai upaya untuk mendorong gaya hidup sehat masyarakat Indonesia agar lebih bugar dan produktif.

"Alhamdulillah, kami sangat bangga bahwa One Run 10K mendukung program pemerintah untuk mengolahragakan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Kami berharap masyarakat menjadi lebih produktif dengan mindset yang positif dan sportif," ujar Ketua Pelaksana One Run 10K, Ecep S Yasa.

"Harapan lainnya dengan adanya One Run 10K ini bisa menjadi destinasi sport tourism unggulan bagi warga Jakarta dan Indonesia saat ini maupun untuk tahuntahun selanjutnya, juga dapat meningkatkan perekonomian daerah sekitar."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total Hadiah Selain Medali Emas

Sebagai salah satu bentuk komitmen, penyelenggara menyediakan hadiah senilai total Rp 350 juta. Hadiah ini akan diberikan kepada para pemenang lomba pada kelas nasional, master A dan master B, serta pelajar, masing-masing putra dan putri peringkat satu hingga lima.

Selain itu akan ada hadiah hiburan lainnya bagi para peserta One Run. Pengelolaan lomba kembali dipercayakan kepada IdeaRun Race Management yang telah sukses mengelola acara ini sejak tahun lalu. Untuk memastikan rute lomba akurat, rute telah dikalibrasi sejak tahun lalu oleh PB PASI.

3 dari 3 halaman

Beberapa Pesohor Ikutan Lari

Sertifikat rute yang telah dikalibrasi resmi ini berlaku hingga empat tahun ke depan terhitung sejak 2023 lalu. “Dengan demikian, kendala akurasi jarak lari telah diatasi,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun yang juga menjadi Race Director pada lomba ini.

Saat ini tercatat sejumlah nama penting menjadi peserta dalam acara ini, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, dari kalangan atlet nasional di antaranya Ricky Martin Simbolon, Ai Kusmiati, Eva Desiana, Anjasari Dewi dan lainnya, serta akan dihadiri Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.