Sukses

Euro 2024: Cetak Gol Penentu untuk Belanda, Wout Weghorst Sempat Dibuat Kesal Ronald Koeman

Ada fakta menarik di balik keberhasilan Wout Weghorst mencetak gol kemenangan untuk Belanda saat menang 2-1 lawan Polandia di laga grup D Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda berhasil mengamankan poin penuh usai menang 2-1 atas Polandia pada laga grup D Euro 2024 di stadion Volkspark, Hamburg, Minggu (16/6/2024). Belanda sempat tertinggal lewat gol Adam Buksa di menit ke-16, namun Cody Gakpo samakan skor 1-1 di menit ke-29.

Setelah dua gol itu, kedua tim sama-sama buntu untuk menambah gol di laga pertama grup D Euro 2024. Ronald Koeman mengambil inisiatif untuk memasukkan Wout Weghorst gantikan Memphis Depay di menit ke-81.

Pilihannya Koeman jitu. Striker gagal Manchester United itu mencetak gol kemenangan pada menit ke-83 usai manfaatkan bola muntah umpan Nathan Ake yang mengenai bek Polandia Badnarek.

Ada fakta mencengangkan di balik gol Wout Weghorst. Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan sang pemain sempat marah karena diberitahu bakal main dari bangku cadangan.

"Di awal turnamen, saya sudah memberitahu semua pemain apakah bakal main sebagai starter atau cadangan. Dia sedikit marah dan saya piker itu reaksi bagus," ujar Ronald Koeman seperti dikutip ESPN.

"Wout marah karena sudah melakukan banyak hal agar jadi starter. Itu mentalitas yang bagus dari seorang pemain dan keputusan akhir ada di pelatih Belanda."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belanda Butuh Pemain dengan Mental Seperti Wout Weghorst

 

Koeman senang karena pemainnya bisa mengantisipasi hal buruk dengan mental yang bagus. Pemain seperti Weghorst dibutuhkan Belanda.

"Golnya disambut meraih fans dan itu jelas karena dia mencetak gol penentu di Waktu yang tepat. Dia punya nilai untuk tim. Dia punya cara unik untuk bereaksi dan kami butuhkan itu," katanya.

"Seharusnya, kami bisa menang 4-1 usai 60 menit, tapi kami tak mampu cetak gol. Itu berbahaya buat kami karena Polandia juga nyaris cetak gol."

 

3 dari 4 halaman

Komentar Wout Weghorst soal Golnya

 

Ini bukan kali pertama Wout Weghorst menjadi penyelamat Belanda. Di perempat final Piala Dunia 2022 melawan Argentina, dia membuat skor jadi 2-2 setelah tertinggal lebih dahulu.

"Gol hari ini itu seperti bagaimana Anda membayangkannya sejak awal. Bisa menjadi penting lagi seperti ini sangat luar biasa," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Wout Weghorst Tahu Kekuatan Terbaiknya

 

Wout Weghorst saat ini bermain untuk klub Bundesliga Hoffenheim. Soal kebiasaannya menjadi penentu, Wout menilai itu karena dia tahu kekuatannya dimana.

"Saya tahu kekuatan saya dimana. Pelatih juga tahu itu. Di kotak penalti, Anda melihat betapa banyak peluang yang kami buat. Kami punya lima sampai enam peluang, dan lalu Anda harus lebih berbahaya dan membuatnya simple," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.